Tips Cara Mengeringkan Luka Dengan Obat Ini Yang Bisa Sembuhkan Luka Dengan Efektif

Rssehat - Supaya luka cepat kering, Anda dapat memberikan beberapa obat pengering luka berikut untuk menyembuhkannya. Artikel berikut akan menjelaskan obat-obat yang efektif untuk sembuhkan luka. Ketika terluka, kita sering berharap agar luka cepat kering dan sembuh. 

Pengobatan medis kadang diperlukan, misalnya untuk meredakan nyeri yang menyertai luka, atau luka terbuka yang terlihat dagingnya dan tak kunjung kering, sehingga lama sembuhnya.

Sebagian besar obat luka tersedia dalam bentuk topikal yang diperuntukkan pada bagian luar tubuh, seperti permukaan kulit atau membran mukosa. Berdasarkan fungsinya, berikut jenis-jenis obat pengering luka.


1. Pembalut luka (Wound dressing)

Pembalut luka biasanya digunakan sebagai salah stau perawatan agar luka cepat kering. Salah satu manfaatnya adalah untuk menyerap kelebihan darah atau cairan lain, seperti nanah yang keluar dari luka. Pembalut untuk luka yang terlihat dagingnya tersedia dalam bentuk pembalut, plester, atau gel.


2. Antiseptik dan Antimikroba

Selain wound dressing, obat untuk menyembuhkan luka yang seperti terlihat dagingnya bisa tersedia dalam bentuk salep atau gel yang mengandung antiseptik dan antimikroba. 


3. Antibiotik

Antibiotik untuk luka tersedia dalam bentuk salep atau gel, biasanya digunakan pada luka gores, luka sayat, maupun luka bakar. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada luka.

Saat ini jenis salep antibiotik yang terdapat di pasaran mengandung zat aktif bacitracin, neomicyn, silver sulfadiazine, atau kombinasi di antara zat-zat tersebut. Beberapa bahan antibiotik tertentu dapat memicu reaksi alergi sehingga harus dengan resep dokter.


Di samping obat-obatan medis, bahan-bahan alami berikut dipercaya dapat membuat luka lebih cepat sembuh.


1. Kunyit

Kunyit diyakini sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka terbuka yang terlihat dagingnya. Bahan ini berperan sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk keperluan pengobatan. Sesuai penelitian yang diterbitkan jurnal Molecular and Cellular Biochemistry, curcumin dalam kunyit membantu meningkatkan penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen. Kunyit juga dapat menghentikan pendarahan pada luka terbuka. Minumlah sari kunyit sebelum tidur agar dapat memaksimalkan proses penyembuhan luka.


2. Bawang Putih

Selain untuk kebutuhan memasak, bawang putih dikenal memiliki sifat antimikroba dan antibiotik yang membantu menghentikan pendarahan pada luka terbuka, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan penyembuhan. Bawang putih juga dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.


3. Madu

Madu memiliki antioksidan tinggi. Meski demikian, jangan oleskan pada luka terbuka. Oleskan saja pada luka yang sudah kering untuk membantu menyamarkan bekas luka.


4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiperadangan, serta menyejukkan kulit sehingga memudahkan proses penyembuhan pada luka terbuka. Gel lidah buaya memiliki fitokimia yang meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.


5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegah infeksi. Minyak ini bekerja sebagai antiperadangan dan antibakteri. Oleskan minyak kelapa pada area yang luka dan tutup dengan kain bersih. Oleskan kembali minyak kelapa setidaknya 2-3 kali sehari.


Baca Juga : 3 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Cegukan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mengeringkan Luka Dengan Obat Ini Yang Bisa Sembuhkan Luka Dengan Efektif"

Posting Komentar