5 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Rssehat - Panu merupakan satu di antara penyakit kulit yang diderita banyak orang. Infeksi kulit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang pigmen kulit. Tanda munculnya panu adalah timbulnya bercak-bercak putih atau bahkan lebih gelap daripada warna permukaan kulit, disertai dengan rasa gatal-gatal. Panu disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang bisa ditemukan pada permukaan kulit.

Bila Anda terkena panu, seiring berjalannya waktu, bercak-bercak pada kulit bisa menjadi melebar dan menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik. Walau panu tidak menimbulkan rasa sakit, dalam beberapa kasus hanya gatal, tetapi bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Bercak-bercak putih panu sangat mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Cuaca yang lembap dan panas, produksi keringat berlebih, kulit yang berminyak, hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah, diyakini sebagai beberapa faktor risiko munculnya panu. Tetapi tidak perlu khawatir, infeksi kulit akibat jamur ini masih dapat disembuhkan secara efektif dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman.


1. Bawang Putih

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai sifat antibakteri. Sifat antibakteri pada bawang putih bisa membunuh seluruhnya tipe jamur dan kuman terutama pada kulit.


2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang ampuh untuk membasmi panu. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung flavonoid sebagai sifat antioksidan. Kandungan flavonoid berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.


3. Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan panu. Cuka apel dipercaya ampuh membunuh bakteri dan jamur penyebab panu. Cukup mengoleskan beberapa tetes cuka apel pada permukaan kulit yang terdapat panu, lalu tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.


4. Lidah Buaya

Sifat antijamur dan antiinflamasi yang terkandung dalam lidah buaya sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu, penggunaan lidah buaya baik untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak. Oleskan daging bening lidah buaya pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. Anda bisa melakukan cara ini, dua kali sehari secara rutin.


5. Minyak Kelapa

Memanfaatkan minyak kelapa bisa sebagai satu di antara cara menghilangkan panu. Kandungan asam lemak-nya mampu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada permukaan kulit yang terkena panu. Rutin melakukan cara ini bisa membantu tubuh untuk meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami"

Posting Komentar