RAHASIA SUKSES

5 Cara Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering


Rssehat - Batuk merupakan refleks alami untuk membersihkan tenggorokan dan paru paru dari iritan, Ada dua jenis batuk yang paling umum yaitu batuk kering dan batuk berdahak, Batuk kering adalah batuk yang tidak menimbulkan dahak ataupun lendir sedangkan Batuk kering dapat menyebabkan sensai gatal pada tengorokan, Batuk kering tidak dapat menghilangkan lendir dahayk atau iritan dari paru paru atau saluran hidung, Batuk kering dapat bertahan selama berminggu minggu setelah terserang flu, Batuk kering bisa sangat tidak nyaman dan dapat terjadi pada anak anak dan juga orang dewasa.

Batuk kering seringkali disebabkan oleh iritasi pada tenggorokan. Batuk kering akan menimbulkan ketidaknyamanan terutama jika muncul sepanjang hari. Untungnya, ada berbagai solusi yang tersedia untuk menyingkirkan kondisi ini.

Ada sejumlah perawatan klinis yang dapat diambil untuk meringankannya. Berbagai produk obat batuk dapat dengan mudah ditemukan di apotik. Tapi, ada juga pengobatan di rumah yang bisa sama efektifnya dalam banyak kasus batuk kering. Berikut beberapa cara menyembuhkan batuk kering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber


1. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Jahe juga telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen. Anda juga bisa membuat teh jahe dari akar jahe dengan merebusnya atau memotong akar bersama air hangat. Menambahkan madu juga dapat membuatnya lebih bermanfaat untuk batuk kering.


2. Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang membantu membuat ujung saraf mati rasa di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Ini dapat meredakan nyeri dan mengurangi batuk. Peppermint juga membantu mengurangi kemacetan pada saluran pernapasan serta memiliki kualitas antibakteri dan antivirus. Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint. Ini termasuk minum teh peppermint atau menghisap tablet hisap. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meredakan batuk malam hari


3. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat akan membantu meringankan ketidaknyamanan dan iritasi yang disebabkan oleh batuk kering. Air garam juga membantu membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan. Barutkan 1 sendok teh garam meja ke dalam segelas besar air hangat. Kemudian kumurlah beberapa kali sehari.

Obat batuk kering ini tidak dianjurkan untuk anak kecil, yang mungkin menelan air garam. Air garam menenangkan jaringan yang meradang dan meningkatkan penyembuhan. Jika Anda bangun dengan sakit tenggorokan karena batuk pada malam hari, berkumurlah dengan air garam segera setelah menyikat gigi untuk membantu menenangkan ujung saraf di tenggorokan.


4. Minum Banyak Cairan

Tetap terhidrasi akan membantu memastikan tenggorokan tetap lembab sehingga bisa sembuh dengan baik. Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, tetapi lebih banyak lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas mengurangi lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

Cairan hangat seperti sup dan teh juga membantu menambah kelembaban sambil memberikan bantuan segera untuk sakit tenggorokan dan gatal. Cairan hangat juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi yang penting untuk proses penyembuhan.


5. Madu 

Untuk orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering siang dan malam hari. Madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi.

Satu penelitian pada 2007 menemukan bahwa madu lebih berhasil daripada dextromethorphan yang merupakan bahan untuk mengurangi serangan yang mengganggu dari batuk pada anak-anak. Anda dapat mencoba meminum madu satu sendok teh beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkannya ke teh atau air hangat untuk diminum. Perlu diingat, jangan pernah memberi madu kepada anak di bawah 1 tahun.


Baca Juga : 4 Penyebab Dari Susah Tidur


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering"

Posting Komentar