RAHASIA SUKSES

4 Penyebab Dari Susah Tidur

Rssehat - Susah tidur sering disebut sebagai insomnia. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang yang mengalami susah tidur pasti mengalami insomnia. Seseorang dikatakan mengalami insomnia akut apabila kondisi sulit tidur dialami selama beberapa hari atau minggu. Sementara itu insomnia kronis bisa terjadi selama berbulan-bulan atau lebih. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan susah tidur akibat insomnia.


1. Stres

Stres adalah salah satu penyebab susah tidur yang paling umum. Pekerjaan yang menumpuk, tugas sekolah yang tak juga selesai, hingga kehilangan orang terdekat semua bisa memicu stres berlebih yang membuat Anda susah tidur.


2. Jadwal Yang Sibuk

Sering berpergian ke luar kota atau luar negeri dengan zona waktu yang berbeda, maupun sering bekerja hingga larut malam, bisa membuat ritme sirkadian di tubuh menjadi terganggu. Ritme sirkadian adalah jam biologis di tubuh yang berjalan secara otomatis, misalnya saat malam hari, tubuh secara otomatis akan menyiapkan diri untuk tidur.

Pada orang yang jarang terkena sinar matahari, sering mengalami jet lag, dan sering terjaga hingga dini hari, ritem sirkadian di dalam tubuhnya akan berantakan, sehingga tubuh menjadi 'kebingungan' kapan saatnya tidur dan kapan saatnya bangun. Hal ini akan membuat Anda sulit tidur.


3. Terlalu Banyak Makan Saat Malam Hari

Mengonsumsi beberapa kudapan ringan sebelum tidur memang tidak dilarang. Namun untuk makanan berat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya menjelang waktu tidur. Pasalnya, ini akan membuat perut terasa penuh dan Anda merasa tidak nyaman saat harus berbaring.

Langsung tidur setelah makan berat juga bisa memicu gangguan lambung seperti nyeri ulu hati dan naiknya asam lambung, sehingga membuat Anda semakin susah tidur.


4. Terlalu Lama Memakai Gadget

Terlalu lama menggunakan gadget saat jam tidur akan membuat Anda semakin susah tidur. Sebab, sinar terang yang terpancar dari layar ponsel, televisi, hingga komputer akan membuat tubuh tetap terjaga dan semakin sulit memejamkan mata meski sudah mengantuk dan lelah. 


Baca Juga : 5 Cara Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Penyebab Dari Susah Tidur"

Posting Komentar