RAHASIA SUKSES

5 Cara Mengatasi Kaki Terkilir Yang Bisa Di Obati Sendiri

Rssehat - Pada saat olahraga, Resiko kaki terkilir sangat besar, Mungkin hal ini cukup umum terjadi, Akan tetapi ketika kaki terkilir bisa manimbulkan rasa sakit yang luar biasa bahkan membuat sulit berjalan, Apabila kaki terkilir akan menyebabkan jaringan di engkel atau pergelangan kaki meregang bahkan bisa robek, Memang kaki terkilir bisa terjadi terutama bagi anda yang memiliki aktivitas berat salah satunya olahraga.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, namun menahan rasa sakit ketika kaki terkilir tentu bisa menghambat aktivitas. Itulah mengapa ada cara mengatasi kaki terkilir yang bisa dilakukan. Bagaimana cara mengatasi kaki terkilir? Sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu bantuan tenaga medis. Memang, cara mengatasi kaki terkilir bisa mempercepat penyembuhan. Namun jika kondisi kaki sudah terlalu parah, ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut ini beberapa cara yang telah kami rangkum cara mengatasi kaki terkilir yang mudah dan bisa dilakukan dirumah.


1. Balsem Otot

Cara mengatasi kaki terkilir yang petama mungkin cukup umum dilakukan. Balsem otot tersebut mudah ditemukan di apotek terdekat. Harganya cukup murah dan penggunaannya mudah. Anda cukup membalurkan balsam ke bagian yang terkilir, lalu diamkan hingga otot yang terkilir terasa nyaman.

 

2. Kompres Panas

Cara mengatasi kaki terkilir yang selanjutnya dengan bantuan kompres panas. Kompres panas dapat menggunakan air hangat. Hal tersebut akan meningkatkan aliran darah ke bagian yang cedera, di mana hal tersebut mampu mempercepat penyembuhan. Selain itu, cara mengatasi kaki terkilir dengan kompres panas bisa membantu mengendurkan otot yang tegang, dan mengurangi rasa sakit.

Tapi ada baiknya, jangan gunakan kompres panas ketika pergelangan kaki masih bengkak, karena bisa meningkatkan peradangan serta memperlambat penyembuhan. Lakukan proses kompres setelah pembengkakan berkurang, dan lakukan kompres 15-20 menit sekali.


3. Meninggikan Kaki

Mengangkat posisi pergelangan kaki yang terkilir bisa mengurangi akumulasi cairan pada sendi. Hal ini akan membantu meredakan pembengkakan, serta membantu mengurangi rasa sakit. Anda cukup mengambil posisi tidur dengan kaki dan pergelangan kaki yang ditopang di atas bantal dengan ketinggian lebih tinggi dari jantung.

 

4. Peregangan

Cara mengatasi kaki terkilir bisa dengan melakukan peregangan. Cedera pergelangan kaki menyebabkan otot dan struktur di sekitarnya mengalami kerusakan. Hal ini mungkin terjadi apabila jaringan lemah karena tidak digunakan. Peregangan bisa membuat otot kuat dan lentur, serta membantu lebih banyak darah bersirkulasi ke area tersebut, hingga membantu pergelangan kaki sembuh lebih cepat. Namun, hindari peregangan yang terlalu sering atau terasa sakit ketika menggerakkannya ke segala arah.


5. Terapi Fisik

Terapi fisik merupakan salah satu cara mengatasi kaki terkilir yang efektif. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat panjang setelah terkilir serius. Umumnya seorang ahli terapi fisik akan melakukan pemeriksaan di pergelangan kaki orang dan untuk mengidentifikasi otot yang lemah serta masalah lain yang bisa menyebabkan rasa sakit yang akan meningkatkan risiko cedera. Para terapis fisik juga akan menggunakan informasi mengenai pola hidup sebagai dasar pembuatan rencana latihan yang sesuai, agar bisa optimal untuk mendorong penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.


Baca Juga : 5 Obat Ampuh Menghilangkan Benjolan Yang Ada Di Ketiak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kaki Terkilir Yang Bisa Di Obati Sendiri "

Posting Komentar