RAHASIA SUKSES

5 Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami



Rssehat - Jangan sembarangan menangani luka api, bisa-bisa makin parah. Simak cara mengobati luka bakar secara baik dan benar hanya di bawah ini. Namanya juga manusia, pasti kita pernah ceroboh dalam bertindak, salah satunya tidak sengaja membakar bagian tubuh.

Sebabnya beragam, mulai dari terkena rokok, terciprat minyak ketika sedang memasak, atau tidak sengaja terkena knalpot. Semuanya dapat meninggalkan luka bakar yang cukup mengkhawatirkan.

Kalau sudah begini, penanganannya harus cepat dan tidak sembarangan.Mengapa? Menurut sebuah riset, luka bakar lebih sensitif dibandingkan luka terbuka karena berhubungan langsung dengan banyak saraf tubuh. Lalu kalau sudah begitu, bagaimana penanganan tepatnya? Simak berikut cara mengobati luka bakar berikut ini sebagai panduan


1. Menggunakan Susu

Cara mengobati luka bakar yang pertama adalah dengan menggunakan susu. Susu merupakan salah satu obat alami yang selalu bisa kita andalkan untuk mengatasi luka bakar. Manfaat susu dipercaya dapat meredakan kulit yang meradang karena panas. Siapkan semangkuk susu skim yang sudah didinginkan selama kurang lebih 5 jam. Basuh luka bakar menggunakan susu sedikit demi sedikit, diamkan selama satu menit dan basuh menggunakan air dingin.


2. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Selain susu, minyak kelapa juga terbukti mampu mengobati luka bakar. Minyak kelapa dibekali dengan vitamin E dan asam lemak baik seperti lauric acid. Minyak serbaguna ini dapat melawan bakteri dan membasmi jamur yang tumbuh karena infeksi. Oleskan minyak kelapa pada luka dan biarkan sampai kering. Lakukan sebanyak sehari dua kali.


3. Diolesi oleh Sari Kentang

Cara mengobati luka bakar berikutnya adalah dengan memanfaatkan kandungan kentang. Kalau di rumah sedang kehabisan susu dan minyak, tenang. Kentang memiliki sifat pendingin, sama seperti susu. Ambil kentang mentah, lalu belah menjadi dua. Pastikan potongannya sudah bersih sebelum ditempelkan ke area luka bakar. Kamu juga bisa menghaluskan kentang dan mengoleskan sarinya pada luka bakar untuk hasil yang lebih maksimal.


4. Menggunakan Teh

Jangan langsung membuang kantong teh yang baru digunakan. Ampasnya bisa kita gunakan sebagai obat luka bakar alami,  Tanin di dalam teh dipercaya dapat menurunkan panas dari luka bakar dan meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, zat tanin juga dapat meredam rasa sakit, sehingga sangat direkomendasikan sebagai obat luka bakar untuk anak-anak. Letakkan kantong teh hitam yang sudah didinginkan pada area yang terluka dan bungkus menggunakan perban. Ganti perban dan teh sebanyak sehari 3 kali.


5. Pakai Lidah Buaya

Tidak hanya mengatasi luka bakar, lidah buaya juga dapat membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga lukanya tidak membekas. Dikutip dari Boldsky, para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kandungan lidah buaya mampu meredakan rasa panas. Riset tersebut juga membuktikan lidah buaya dapat merawat luka bakar tanpa efek samping gatal dan infeksi. Tanaman super ini juga mencegah luka bakar agar tidak membengkak. Kamu cukup menempelkan lendir atau daging lidah buaya pada luka bakar. Setelah itu, tunggu lukanya sembuh dalam waktu dua minggu saja.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Komedo Yang Sangat Ampuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami"

Posting Komentar