Cara-Cara Mengobati Luka Bernanah

Rssehat - Cara mengatasi luka bernanah dapat dilakukan sendiri di rumah. Luka yang tak kunjung sembuh, malah mengeluarkan cairan putih atau hijau kekuning-kuningan. Itu disebut dengan luka bernanah. Biasanya, luka ini terjadi karena karena terlalu kencang menggaruk area yang gatal sehingga terjadi infeksi dan bernanah.

Atau bisa juga terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan mengidap penyakit lain seperti diabetes, paru-paru, hati dan lain-lain. Selain itu, bisa jadi karena terjadi luka kembali di area yang sama dan jangka penyembuhannya menjadi lebih lama lagi. Anda perlu berhati-hati dengan kondisi seperti ini.

Cara mengatasi luka bernanah ternyata tak hanya dengan pengobatan medis, Anda bisa gunakan bahan alami untuk proses penyembuhannya. Berikut bahan alami untuk mengatasi luka, terutama untuk mencegah luka agar tidak bernanah dan cepat sembuh:


1. Kunyit

Dipercaya sudah terbukti sebagai obat yang menyembuhkan luka terbuka, tanaman kunyit ini sudah dipakai selama bertahun-tahun. Bahan ini mengandung antibiotik dan antiseptik yang berguna dalam pengobatan. Berdasarkan penelitian, curcumin pada kunyit ini membantu dalam penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen. Kunyit dapat menghentikan pendarahan pada luka terbuka. Konsumsi dengan meminum sari kunyit sebelum tidur untuk memaksimalkan penyembuhan luka.

 

2. Bawang putih dan Lidah Buaya

Selain untuk bumbu dapur, bawang putih dapat membantu proses penyembuhan luka, terutama mencegah adanya nanah sehingga menjadi infeksi nantinya. Bawang putih juga membantu tubuh untuk meningkatkan pertahanan terhadap infeksi. Selain bawang putih, lidah buaya pun berperan dalam hal yang sama. Lidah buaya bisa jadi salah satu cara mengatasi luka bernanah, karena ekstrak didalamnya terdapat fitokimia dan antiperadangan. Sehingga, mudah dalam proses penyembuhan pada luka terbuka dan mengurangi rasa sakit.


3. Minyak Kelapa

Siapa yang tak kenal dengan pohon seribu manfaat? Tentu, pohon kelapa. Bagian dari tanaman ini, bisa diproduksi menjadi apa saja dan salah satunya bisa menjadi minyak kelapa. Minyak kelapa ini bisa membantu meringankan rasa sakit pada luka dan mencegah adanya infeksi. Ini karena minyak kelapa mempunyai peran dalam antiperadangan dan antibakteri. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang terluka, gunakan sebanyak 2-3 kali sehari.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Mengobati Luka Bernanah"

Posting Komentar