5 Cara Mengatasi Rambut Ketombean

Rssehat - Ketombe adalah kondisi kepala kronis yang umum ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala seseorang. Ketombe merupakan masalah yang hampir dialami setiap orang, baik wanita maupun laki-laki. Ketombe bukanlah masalah sepele karena sangatlah mengganggu. Pasalnya ketombe dapat merusak kepercayaan diri seseorang.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya ketombe. Hal yang sangat sulit dipercaya adalah kondisi mental. Siapa sangka, ternyata kondisi mental mampu membuat seseorang ketombean. Pasalnya stres yang dialami seseorang bisa menyebabkan perubahan pada hormon. Hal ini akhirnya membuat kulit seseorang sangat mudah menghasilkan banyak minyak, terutama pada kulit kepala.

Penyebab lain seseorang mengalami ketombe adalah tidak menjaga kebersihan rambut, diet, sakit, rambut kerap ditutup sehingga panas, dan lain sebagainya. Pada dasarnya gejala ketombe sangat mudah dikenali, yakni terdapat serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih di kepala seseorang. Kepala juga terasa sangat gatal hingga ketombe berjatuhan di bahu.

Kondisi seperti ini pastinya sangat mengganggu dan membuat khawatir. Untuk kamu yang sedang mengalami masalah ini, kamu bisa menggunakan sampo anti-ketombe dengan kandungan menthol dan memiliki formula terbaik seperti HEAD & SHOULDERS Shampoo Cool Menthol Anti Dandruff.


1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dipercaya dapat mengatasi ketombe. Di dalam jeruk tak hanya terdapat kandungan vitamin C sebagaimana yang banyak diketahui orang, namun juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Kandungan vitamin C di dalam jeruk juga berfungsi mendorong pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya untuk menghilangkan ketombe yakni peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.


2. Baking Soda

Menggunakan baking soda mungkin menjadi suatu yang aneh bagi sebagian orang. Namun siapa sangka baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Cara menggunakan, siapkan setengah sendok makan baking soda, larutkan dengan air hingga mengental, oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.


3. Daun Sirsak

Daun sirsak dipercaya memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Kandungan acetogenin di dalam daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki kemampuan membunuh racun. Cara menggunakannya, siapkan beberapa lembar daun sirsak, dihaluskan, berikan sedikit air, oleskan berata pada kepala, lalu diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


4. Tomat

Ketombe bisa disebabkan karena ketidakseimbangan pada pH kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tomat. Kandungan asam pada tomat dapat menyeimbangkan pH kulit kepala. Cara menggunakannya, haluskan dua buah tomat, campur dengan satu sendok makan minyak kelapa, usapkan pada kulit kepala hingga merata sembari melakukan pijatan ringan. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas bersih dengan sampo.


5. Bawang Merah

Ada beberapa orang mempercayai bahwa bawang merah dapat menunjang pertumbuhan rambut. Ternyata tak hanya itu saja, bawang merah juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya, kupas bawang merah kemudian haluskan, oleskan secara merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Rambut Ketombean"

Posting Komentar