5 Cara Mengatasi perut Yang Kembung

Rssehat - Adanya terlalu banyak gas dalam lambung-usus dapat menimbulkan gejala-gejala seperti perasaan penuh atau perut kembung. Kondisi seperti ini kerap kali dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan menganggu aktivitas sehari-hari. Beruntung, terdapat beberapa cara mengatasi perut kembung, baik secara alami maupun dengan bantuan obat Berikut ini adalah cara mengatasi perut kembung yang bisa dipraktikan


1. Makan lebih lambat dan menguyah makanan sampai halus 

Penyebab perut kembung sering kali adalah cara makan yang salah, yakni makan terlalu cepat tanpa dikunyah dengan sempurna dan menelan banyak udara. Keadaan ini dapat diatasi dengan mengubah cara makan, yakni makan lebih lambat dan mengunyah makanan sampai halus sebelum menelannya. Selain itu, jangan pula minum pada saat makan, tapi minum sesudah makan untuk hindari perut kembung makin parah. 


2. Hindari makanan yang dapat meningkatkan gas di lambung 

Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut. Dengan begitu, beberapa makanan, termasuk minuman berkarbonasi, alkohol, dan makanan tinggi pati, gula, atau serat yang menyebabkan gas perlu dihindari terlebih dahulu untuk mengatasi perut kembung.


3. Hindari makanan berlemak 

Menghindari makanan berlemak juga perlu dilakukan untuk mengatasi perut kembung. Hal itu dikarenakan, konsumsi makanan berlemak hanya akan memperparah keadaan. Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat meningkatkan produksi gas di lambung.


4. Berhenti merokok 

Orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, maka kian banyak udara yang ditelannya. Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lainnya untuk berhenti merokok. Orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara daripada orang yang tidak, jadi menghindari rokok elektrik juga bisa membantu ketika seseorang memiliki kelebihan gas atau perut kembung. 


5. Tidak bicara ketika makan 

Sama halnya dengan merokok, bicara sambil makan juga akan mendorong udara masuk ke dalam perut dan menyebabkan perut kembung. Agar perut kembung tidak semakin parah dan segera mereda, maka hindari bicara ketika makan.

Baca Juga : Cara-Cara Mengobati Luka Bernanah 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi perut Yang Kembung"

Posting Komentar