5 Bagian Tubuh yang Wajib untuk Dibersihkan

Rssehat - Bagian tubuh memang harus dibersihkan dengan benar. Apalagi untuk bagian-bagian tertentu karena disebut paling kotor dari bagian tubuh lainnya yang dapat menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri.


1. Telinga

Kita tidak berbicara tentang membersihkan bagian dalam telinga, tetapi di belakang telinga. Saat mandi, bagian belakang telinga tidak diperhatikan yang memberi jalan pada penumpukan kotoran karena kelenjar sebaceous yang ada di sana mengeluarkan sebum untuk menjaga kulit telinga Anda tetap lembab. 

Sebum berminyak ini menarik kotoran dan bakteri, yang bila tidak dibersihkan setiap hari dengan air, akan mulai berbau. Nah, untuk membersihkan bagian dalam telinga, seseorang seharusnya tidak membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud karena dapat menyebabkan luka pada telinga.


2. Punggung 

Bagian satu ini mungkin akan ikut basah saat mandi, tetapi tidak sepenuhnya bersih seperti yang Anda bayangkan. Bagian belakang adalah salah satu bagian tubuh yang terabaikan dan salah satu area tubuh terbesar. Apalagi, saat Anda meletakkan punggung Anda di tempat tidur, sangat mudah bagi pori-pori dan kelenjar di punggung untuk tersumbat. Jadi tidak membersihkan punggung Anda secara menyeluruh dapat menyebabkan jerawat di sana.


3. Jerawat tubuh

Jerawat di tubuh disebabkan ketika ada penumpukan sebum yang memicu bakteri yang hidup di kulit dan akhirnya mulai berkembang biak dan menyebabkan jaringan kulit di sekitarnya menjadi meradang. Ini disebabkan terutama oleh tiga faktor, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, dan peningkatan bakteri penyebab jerawat


4. Pusar

Kebanyakan orang mengabaikan pusar saat mandi. Pusar jika tidak dibersihkan dengan benar, dapat mulai mengumpulkan kotoran dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Setelah bakteri mulai berkembang biak, itu menyebabkan bau tak sedap dan infeksi kulit. Disarankan untuk membersihkan pusar dengan bantuan handuk saat mandi.


5. Mulut 

Mulut adalah salah satu tempat paling kotor dari tubuh manusia. Ada lebih dari 700 juta jenis bakteri yang hidup di mulut. Bakteri ini mendapatkan makan dan berkembang biak di mulut Anda, terutama bakteri Streptococcus yang memakan gula dan makanan bertepung karbohidrat yang Anda konsumsi. Selain itu, bakteri sebagian besar juga hadir di lidah dan struktur lidah. Jadi, sangat penting untuk membersihkan lidah Anda dengan scraper lidah atau sikat gigi setiap selesai makan

Baca Juga : 7 Makanan Sehat Untuk Penyakit Jantung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Bagian Tubuh yang Wajib untuk Dibersihkan"

Posting Komentar