Beberapa Tips Yang Harus Di Tangani Dengan Serius Benjolan Di Kepala



Rssehat - Benjolan di kepala tentu mengundang rasa khawatir. Sebab, kepala adalah bagian tubuh yang sangat vital dan menjadi "rumah" dari otak manusia. Namun, jangan sampai rasa cemas membuat Anda tak bisa berpikir jernih. Ketahui dulu berbagai penyebab benjolan di kepala ini, supaya bisa mencari tahu pengobatan yang paling tepat Terdapat berbagai macam alasan kemunculan benjolan di kepala. Dalam beberapa kasus, benjolan di kepala tidaklah berbahaya. Namun, ada juga benjolan di kepala yang menandakan penyakit serius dan harus ditangani secara serius.


1. Cedera Pada Kepala

Benturan objek keras secara tak sengaja pada kepala bisa menyebabkan cedera dan munculnya benjolan. Kondisi ini menjadi tanda bahwa kepala Anda terluka dan sedang dalam proses penyembuhan.Beberapa penyebab cedera kepala yang umum meliputi:

  • Kecelakaan mobil
  • Benturan saat berolahraga
  • Terjatuh
  • Luka akibat perkelahian
  • Terpukul benda tumpul

Selain itu, cedera kepala dapat menimbulkan hematoma atau gumpalan darah di kulit kepala. Jika ada benjolan di kepala yang muncul, ini menjadi tanda bahwa ada perdarahan kecil di bawah kulit kepala.Jika Anda mengalami cedera kepala, terutama sampai hilang kesadaran, segera berkonsultasi dengan dokter.


2. Rambut yang tumbuh ke dalam

Jika benjolan di kepala muncul setelah Anda mencukur rambut, bisa jadi penyebabnya adalah rambut yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini terjadi saat rambut tumbuh ke dalam, bukan ke luar kulit kepala. Terkadang, rambut yang tumbuh ke dalam bisa menginfeksi dan menjadi benjolan berisikan nanah.Umumnya, rambut yang tumbuh ke dalam akan sembuh dengan sendirinya.


3. Folikulitis

Benjolan di kepala juga bisa disebabkan oleh folikulitis. Folikulitis adalah kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut akibat infeksi.Beberapa gejala folikulitis meliputi:

  • Gatal-gatal
  • Kulit kemerahan
  • Nyeri
  • Adanya titik putih di atas benjolan

Biasanya, folikulitis dapat sembuh dengan sendirinya. Selain itu, hindarilah penyebab folikulitis seperti terlalu lama mandi di bawah kucuran air hangat, hingga mengenakan pakaian terlalu ketat.


4. Keratosis seboroik

Keratosis seboroik adalah pertumbuhan kulit non-kanker yang terlihat dan terasa seperti kutil. Biasanya, keratosis seboroik muncul di kepala dan leher orang dewasa.Benjolan di kepala yang disebabkan keratosis seboroik dianggap tidak berbahaya. Namun, jika dokter memprediksi bahwa keratosis seboroik yang Anda alami bisa berkembang jadi kanker kulit, biasanya tindakan cryotherapy akan dilakukan untuk mengobatinya.


5. Kista epidermoid

Kista epidermoid adalah benjolan yang muncul di bawah kulit. Biasanya, kista ini muncul di kulit kepala dan juga wajah. Kista epidermoid tidak menimbulkan rasa nyeri.Penyebab kista epidermoid adalah menumpuknya keratin di bawah kulit. Kondisi ini bersifat non-kanker dan akan hilang dengan sendirinya.Biasanya, kista epidermoid tidak perlu pengobatan, kecuali menyebabkan rasa nyeri atau terinfeksi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tips Yang Harus Di Tangani Dengan Serius Benjolan Di Kepala"

Posting Komentar