Beberapa Macam Obat Paling Ampuh Mengobati Cacar Api

Rssehat - Herpes zoster atau cacar api merupakan penyakit akibat virus cacar air (varicella zoster) yang kembali aktif menginfeksi tubuh. Gejala cacar api bisa bertahan dalam waktu lama sehingga konsumsi obat tertentu diperlukan sebagai cara mengobati penyakitnya agar penderita bisa cepat sembuh.

Gejala cacar api bisa lebih parah dibandingkan gejala cacar air, dan bahkan lebih berisiko mengarah pada gangguan saraf. Oleh karena itu, cara mengobati cacar api biasanya membutuhkan kombinasi beberapa obat. Rejime pengobatan umumnya termasuk obat untuk menghentikan infeksi virus akut, pengobatan untuk mengatasi rasa nyeri, dan pengobatan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Antivirus adalah jenis obat lini pertama yang diresepkan dokter untuk mengatasi mempersingkat masa infeksi virus varicella-zoster. Dengan begitu, gejala cacar api lainnya seperti rasa gatal dan ruam merah bisa mereda dengan lebih cepat. Terdapat beberapa jenis antivirus yang bisa digunakan sebagai cara mengobati cacar api, yaitu acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir.


1. Acyclovir

Acyclovir merupakan obat antivirus yang bisa diberikan dalam bentuk pil atau melalui injeksi. Obat ini tidak dapat membunuh virus varicella-zoster secara menyeluruh dari dalam tubuh, tapi bisa menghentikan laju infeksinya.

Jenis obat acyclovir yang biasanya digunakan untuk mengatasi cacar api adalah Zovirax. Dokter biasanya menyarankan Anda untuk meminum dosis obat ini 2-5 kali dalam sehari. Dosis bisa berbeda tergantung dari tingkat keparahan gejalanya.

Penggunaan acyclovir dalam pengobatan cacar air hanya efektif ketika diberikan dalam waktu 72 jam setelah kemunculan ruam-ruam di kulit. Namun, obat antivirus ini juga tetap bisa mempersingkat perkembangan ruam-ruam merah yang baru muncul sampai ruam mengering dan tidak lagi menular.

Selain berfungsi menghambat infeksi virus dan menghentikan peradangan, obat acyclovir turut mengurangi gejala nyeri akibat cacar api.


2. Valacyclovir

Berbeda dengan acyvlovir, valacyclovir diberikan dengan dosis 3 kali dalam sehari. Menurut ulasan dalam jurnal American Family Physician, obat antivirus ini bisa bekerja lebih baik dalam mengatasi rasa sakit akibat cacar api. Obat ini tersedia dalam bentuk pil dan obat injeksi, tapi valacyclovir dalam bentuk pil lebih banyak ditemui.


3. Famciclovir

Jenis antivirus untuk obat cacar api lain yang bisa diresepkan oleh dokter adalah famciclovir. Sama halnya dengan valacyclovir, obat ini perlu diberikan dalam dengan dosis 3 kali dalam sehari. Ketiga jenis antivirus ini aman dikonsumsi jika diberikan sesuai dengan dosis yang tepat. Ketiganya memiliki efek samping yang serupa, yaitu dapat menyebabkan sakit kepala, muntah-muntah, kejang, dan nyeri perut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Macam Obat Paling Ampuh Mengobati Cacar Api"

Posting Komentar