7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Cegukan

Rssehat - Cegukan atau yang dalam bahasa Inggris disebut hiccup terjadi karena menutupnya pita suara secara tiba-tiba akibat terjadi kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi "hik". Diafragma sendiri merupakan membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan.

Cegukan sering terjadi secara tiba-tiba dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Penyebab cegukan yang paling umum adalah makan terlalu cepat atau kekenyangan. Sering kesal atau merasa terganggu saat cegukan tak kunjung berhenti? Jika cegukan berlangsung secara terus-menerus maka kamu harus mewaspadai akan adanya penyakit lain yang mungkin memicunya.

Cegukan yang terjadi setelah minum minuman bersoda berkaitan erat dengan nervus vagus yang memperserafi diafragma dan esofagus kita. Saat kamu menelan udara terlalu banyak seperti saat minum minuman bersoda, nervus vagus akan teriritasi dan menyebabkan fungsi diafragma jadi terganggu, sehingga pita suara akan menutup secara tiba-tiba setiap diafragma akan berkontraksi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan yang bisa kalian lakukan, langsung saja simak berikut dibawah ini


1. Bernafas Dengan Kantong Plastik Ataupun Kertas

Bernapas dengan kantong plastik atau kertas memiliki tujuan yang sama dengan menahan napas yaitu agar kadar karbondioksida meningkat. Sebab bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas, maka sebenarnya kamu sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Caranya mudah sekali cukup bernapas seperti biasanya namun dengan menggunakan kantong plastik atau kertas


2. Menahan Nafas Dengan Cara Melipatkan Kedua Lutut

Selain bernafas dengan kantong plastik kamu juga bisa memilih untuk bernafas dengan cara melipat kedua lutut, Cara ini efektif untuk mengatasi cegukan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.


3. Headstand

Dengan cara melakukan headstand memang tergolong tidak mudah, Namun dengan membalikkan tubuh maka peredaran darah dan oksigen akan cenderung terbalik.


4. Teteskan Cuka Ke Lidah

Sama dengan cara lainnya mengatasi cegukan, Cara ini sebenarnya belum memiliki dasar penelitian yang kredibel, Hanya saja beberapa orang yang pernah mencobanya mengaku cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan cegukan dengan sangat cepat 


5. Pijat Arteri Karotis

Tubuh memiliki arteri karotis di kedua sisi leher yang terasa ketika memeriksa denyut nadi dengan  menyentuh leher, Caranya adalah dengan berbaring lalu putar kepala ke kiri dan pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan memutar selama lima sampai sepuluh detik.


6. Es Batu

Cara selanjutnya mengatasi cegukan bisa dengan menggunakan es batu. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan dan biarkan es batu tersebut secara pelan-pelan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga dengan sendirinya cegukan akan menghilang.


7. Oleskan Minyak Kayu Putih

Mengoleskan Minyak Kayu Putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara alternatif buat kamu yang sedang mengalami cegukan, Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Cegukan"

Posting Komentar