5 Tips Mencegah Penularan Hepatitis

Rssehat - Penyakit hepatitis bukanlah penyakit yang langka ditemukan. Bagi Anda yang asing dengan hepatitis, ada 5 jenis penyakit hepatitis yang diberi nama dari A hingga E. Seluruh penyakit hepatitis tersebut sama-sama menyebabkan peradangan pada hati dan virus merupakan pelakunya.

Tiap penyakit hepatitis memiliki jalur penyebaran yang berbeda-beda. Hepatitis A, penyakit hepatitis yang paling ringan, serta Hepatitis E umumnya menyebar melalui makanan dan air. Anda dapat terinfeksi Hepatitis B dan C melalui kontak fisik dengan penderitanya, sedangkan Hepatitis D merupakan tingkat lanjut dari Hepatitis B.

Bila Anda tinggal bersama orang atau keluarga dekat yang sudah terlanjur menderita penyakit hepatitis, jangan langsung panik. Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah penularan hepatitis lebih lanjut untuk Anda maupun orang sekitar yang Tim Cigna rangkum khusus untuk Anda.


1. Terapkan Kebiasaan Mencuci Tangan

Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta saat pulang dari beraktivitas. Terapkan kebiasaan ini kepada seluruh anggota keluarga di rumah. Mencuci tangan dapat membantu menghilangkan kotoran yang mengandung virus hepatitis A dan E serta menempel pada tangan.


2. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Kebiasaan mencuci tangan yang benar saja belum cukup. Anda perlu memperhatikan kebersihan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Sebisa mungkin, hindari makanan mentah karena memiliki risiko lebih tinggi menyebarkan virus hepatitis.


3. Segera Lakukan Vaksinasi

Penularan virus Hepatitis A dan B dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi. Bila terdapat orang yang menderita hepatitis di rumah, maka sebaiknya Anda dan keluarga segera divaksin untuk mengurangi risiko tertular virus hepatitis.


4. Kenakan Pelindung Tubuh

Apabila Anda ingin melakukan bersih-bersih atau membereskan sesuatu di rumah yang memiliki kemungkinan terkontaminasi cairan tubuh oleh penderita hepatitis, maka Anda disarankan menggunakan pelindung seperti sarung tangan dan masker. Benda-benda di rumah yang berpotensi terkontaminasi antara lain popok, sprei dan perlengkapan tidur, serta peralatan di kamar mandi.


5. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Anda perlu membatasi penggunaan barang pribadi, baik milik Anda maupun milik penderita. Peralatan pribadi seperti sikat gigi, sisir, anting, pemotong, celana dalam, dan sebagainya berpotensi terkontaminasi oleh cairan tubuh penderita, sehingga Anda disarankan untuk tidak menggunakan peralatan tersebut bersama-sama.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mencegah Penularan Hepatitis "

Posting Komentar