5 Penyebab Sakit Pada Pinggang

Rssehat - Pernahkah Anda mendapati sakit pinggang saat bangun tidur? Seberapa sering Anda merasaknnya? Nyeri punggung pada pagi hari tersebut ternyata tak bisa dianggap sepele. Penyebab sakit pinggang saat bangun tidur pasalnya tak hanya karena ada masalah pada posisi tidur atau penempatan bantal dan kasur, tapi bisa juga menjadi gejala kondisi medis.

Mengidentifikasi dan mengetahui penyebab rasa sakit ini kiranya penting dilakukan untuk menentukan cara yang paling tepat dalam mengatasinya. Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit pinggang saat bangun tidur dan cara mengatasinya:


1. Penyakit cakram degeneratif 

Melansir Medical News Today, seiring bertambahnya usia seseorang, keausan alami pada cakram di sumsum tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang lumbar. Dokter merujuk penyempitan ini sebagai artritis tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif. Penyakit cakram degeneratif dapat menekan saraf tulang belakang, mengakibatkan rasa sakit, kaku, dan mobilitas berkurang yang biasanya memengaruhi bagian punggung bagian bawah atau leher. Rasa sakit dapat berkisar dari ringan hingga sangat parah, dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.


2. Fibromyalgia 

Fibromyalgia adalah gangguan kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di berbagai bagian tubuh, termasuk sakit punggung dan sakit pinggang.


3. Bangun dari tempat tidur dengan cara yang salah 

Bagaimana seseorang bangun dari tempat tidur bisa menjadi sangat penting untuk mencegah rasa sakit atau nyeri pinggang saat bangun tidur di pagi hari. Bahkan jika seseorang cukup istirahat, beranjak terlalu cepat atau terlalu membungkuk ketika bangun dari tempat tidur dapat menyebabkan ketegangan pada punggung.


4.Terlalu lelah pada hari sebelumnya 

Seseorang harus memperhatikan postur tubuh mereka selama dan setelah melakukan kegiatan. Olahraga teratur dapat membantu memperkuat punggung dan mengurangi nyeri punggung, tetapi melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan sakit pinggang saat bangun tidur. Jadi, penting bagi siapa saja untuk senantiasa memperhatikan postur tubuh mereka selama dan setelah aktivitas fisik yang intens, baik untuk bekerja atau olahraga. Pemanasan dan pendinginan yang benar juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan kekakuan otot pada hari berikutnya. Untuk sakit pinggang yang berhubungan dengan olahraga, menempelkan kompres dingin atau panas ke daerah yang terkena sakit dan mengambil obat antiinflamasi OTC, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut.


5. Salah posisi tidur 

Beberapa posisi tidur dapat menyebabkan ketegangan tambahan pada pinggang, pinggul, dan leher. Namun, tidak selalu perlu bagi seseorang untuk sepenuhnya mengubah posisi tidur mereka yang biasa. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba menempatkan bantal di sekitar tubuh untuk mendukung posisi tidur yang menurun Anda nyaman.


Baca Juga : Beberapa Solusi Tepat Untuk Mengobati Keseleo Di Pinggul

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Sakit Pada Pinggang"

Posting Komentar