5 Penyebab Bangun Tidur Mulut Terasa Sangat Pahit

Rssehat - Rasa pahit di mulut umumnya muncul setelah seseorang makan makanan yang pedas atau asam. Namun, beragam kondisi terkadang juga bisa membuat mulut terasa pahit saat bangun tidur. Berikut kemungkinan penyebab bangun tidur mulut terasa pahit dan cara mengatasinya.


1. Mulut Kering

Air liur dapat membantu mengurangi bakteri di mulut. Apabila jumlah air liur sedikit, bakteri dapat bertahan hidup di mulut. Mulut kering bisa disebabkan banyak faktor, seperti penggunaan obat-obatan, masalah kesehatan, atau kebiasaan merokok. Seseorang juga bisa mengalami mulut kering karena hidungnya tersumbat dan harus bernapas melalui mulut sepanjang malam. Cara mengatasi mulut pahit karena mulut kering adalah dengan menyembuhkan masalah kesehatan yang menyertainya.


2. Masalah Pada Gigi

Gigi dan mulut yang kotor juga bisa jadi biang bangun tidur mulut terasa pahit. Masalah gigi dan mulut dapat disebabkan gigi berlubang, infeksi, serta penyakit gusi atau radang gusi. Banyak masalah gigi yang umum dapat dihindari dengan menyikat gigi secara teratur. Beberapa orang mungkin juga menemukan bahwa menggunakan penggosok lidah dapat membantu menghilangkan mulut terasa pahit. Selain itu, pastikan Anda menggunakan obat kumur antibakteri setelah gosok gigi.


3. Sindrom Mulut Terbakar 

Sindrom mulut terbakar adalah kondisi yang menyebabkan sensasi terbakar di mulut. Rasa yang dialami penderita bisa beragam. Umumnya mirip dengan makan cabai pedas, rasa pahit, atau tengik di mulut. Gejala-gejala sindrom mulut terbakar mungkin muncul secara sporadis, tetapi bisa juga kronis dan berlangsung lama. 


4. Menopause 

Wanita yang mengalami menopause mungkin juga merasakan bangun tidur mulut terasa pahit. Kondisi ini bisa jadi karena kadar estrogen yang lebih rendah dalam tubuh. Selain itu, perubahan hormon juga bisa menyebabkan sindrom mulut terbakar karena mulut kering terus-menerus.


5. Asam Lambung Naik

Bangun tidur mulut terasa pahit juga bisa disebabkan penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini bisa terjadi ketika otot sfingter di bagian atas perut melemah, sehingga zat asam atau empedu naik dari perut ke kerongkongan. GERD cenderung mengiritasi saluran pencernaan makanan, menyebabkan sensasi terbakar di dada atau perut, dan munculnya rasa pahit di mulut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Bangun Tidur Mulut Terasa Sangat Pahit"

Posting Komentar