5 Cara Mengobati Herpes Supaya Tidak Berbekas

Rssehat - Ketika Anda merasakan kulit yang sangat gatal, perih dan menyakitkan di tubuh atau wajah diagnosisnya mungkin merupakan herpes zoster. Herpes zoster atau yang juga dikenal dengan dompo adalah infeksi virus yang menyebabkan ruam kulit yang menyakitkan.

Penyebab masalah kulit ini adalah virus varicella zoster (VZV). Virus ini merupakan virus yang sama penyebab cacar air. Nyeri biasanya merupakan gejala pertama dari herpes zoster. Ruam dan lepuh berisi cairan terbentuk dalam beberapa hari setelah timbulnya rasa sakit.

Ruam dan lepuh pada kulit bisa timbul di mana saja. Jika tidak mendapatkan perawatan yang benar, ruam dan lepuh ini akan meninggalkan bekas di kulit. Bekas ini terutama jika berada di wajah akan menimbulkan tampilan yang kurang menyenangkan.

Ada beberapa perawatan medis yang bisa mengatasi masalah ini. Anda juga bisa mengurangi peradangan, iritasi, dan gejala lainnya melalui cara alami yang aman. Berikut cara alami mengatasi herpes agar tak berbekas di kulit


1. Kompres dingin

Menempelkan kain dingin atau kompres pada bagian ruam dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mengurangi peradangan. Anda juga dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan gejala.

Rendam kain katun pada air dingin dan peras sebelum meletakkannya di area yang gatal. Pastikan menggunakan air dengan suhu yang tidak ekstrem atau terlalu dingin. Air yang terlalu dingin akan meningkatkan sensitivitas kulit.


2. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki lebih dari 70 komponen yang berpotensi aktif yang memberikan banyak efek menguntungkan pada kulit. Mengaplikasikan gel ini akan mengurangi peradangan, menenangkan dan melembabkan kulit. Lidah buaya juga memiliki efek antiseptik dan antivirus, dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Keluarkan gel segar dari daun lidah buaya dan dengan jari yang bersih, oleskan pada area yang sakit dan gatal. Biarkan hingga kering, Anda dapat menggunakannya tiga kali sehari untuk menghilangkan bekas herpes.


3. Minyak zaitun

Minyak zaitun terbukti memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi herpes. Minyak zaitun juga berperan sebagai pelembab alami untuk melembutkan kulit.

Minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E. Nutrisi ini membantu meregenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan akibat ruam herpes


4. Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Antioksidan aktifnya membantu mencegah wabah dan kambuhnya virus herpes. Studi menunjukkan bahwa teh hijau juga memiliki sifat antivirus, dan karenanya. Katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beberapa virus.

Minum teh hijau selama masa penyembuhan herpes membantu mempercepat pemulihan kulit. Sifat antioksidannya juga mendukung kesehatan kulit secara maksimal


5. Baking soda dan tepung maizena

Menerapkan pasta soda kue dapat membantu mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal. Jika luka herpes pada tubuh mengalir, Anda dapat menggunakan baking soda untuk mengeringkannya. Bahan ini bisa mengeringkan permukaan kulit dengan cepat dan menyembuhkan luka. Soda kue juga menenangkan kulit dan merupakan antiseptik alami.

Pasta tepung jagung juga dapat mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal. Tepung jagung akan mengeringkan luka dan mengurangi rasa gatal. Tuang dua bagian tepung jagung atau baking soda ke dalam cangkir. Tambahkan satu bagian air untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan untuk pasta. Oleskan campuran ke ruam. Bilas setelah 10 hingga 15 menit. Ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 5 Tips Mencegah Penularan Hepatitis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Herpes Supaya Tidak Berbekas"

Posting Komentar