5 Bahan Alami Yang Bisa Mengobati Penyakit Kurap Pada Kulit

Rssehat - Mungkin sudah tidak asing dengan penyakit kulit kurap atau bahkan pernah mengalaminya. Obat untuk menyembuhkan kurap pun mudah didapat di apotek-apotek terdekat. Namun tahukah Anda bahwa kurap bisa diobati dengan berbagai bahan alami yang mudah didapat di sekitar Anda? Kurap adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Kulit yang terinfeksi menjadi kemerahan, bersisik, dan sangat gatal. Siapapun bisa terkena kurap karena penyakit kulit ini sangat mudah menular melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lainnya.

Penyakit kurap pun bisa terjadi di bagian tubuh manapun, baik pada kulit, kulit kepala, hingga kuku. Jamur penyebabnya juga bisa tumbuh subur di kaki Anda yang lembap. Kondisi ini biasanya dikenal juga dengan istilah kutu air Secara umum, kurap bisa disembuhkan dengan obat antijamur. Namun Anda juga dapat menggunakan obat kurap alami yang diyakini mampu untuk mengobati kurap.


1. Minyak Sereh

Minyak sereh terbukti mengurangi beberapa aktivitas beberapa jenis jamur termasuk untuk mengobati kurap dalam menggunakan minyak sereh untuk kurap anda dapat mencampurkannya dengan minyak carrier (minyak dasar atau minyak nabati). Lalu, oleskan pada kulit yang terinfeksi kurap dua kali sehari menggunakan bola kapas. Hindari kontak langsung minyak dengan mata karena dapat menyebabkan iritasi.


2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa disinyalir berguna dalam mengobati infeksi kulit, termasuk kurap. Mengoleskan minyak ini sebanyak tiga kali sehari ke bagian tubuh yang terkena penyakit kulit kurap dapat memberi efek maksimal.


3. Bawang Putih

Bahan pangan ini terbukti efektif untuk mengatasi jamur, seperti Candida, Torulopsis, Tricophyton, dan Cryptococcus. Inilah yang membuatnya juga diyakini bisa mengatasi kurap.Cara menggunakannya juga sederhana. Anda cukup menghaluskan dan mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian oleskan adonan tersebut ke area kulit yang terkena kurap.


4. Tea Tree Oil

Minyak esensial ini sering digunakan sebagai pereda gejala dari berbagai penyakit kulit. Campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, lalu Anda dapat mengoleskan minyak di kulit yang mengalami infeksi jamur minimal dua kali sehari.


5. Lidah Buaya

Tanaman ini mengandung zat antiseptik. Kandungan inilah yang dikatakan bisa memberikan manfaat sebagai antijamur. Selain itu, efek dingin dari gel lidah buaya juga mampu meredakan rasa gatal akibat kurap. Anda bisa mengoleskannya sebanyak empat kali sehari pada bagian yang terkena kurap.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Bahan Alami Yang Bisa Mengobati Penyakit Kurap Pada Kulit"

Posting Komentar