Cara Menyembuhkan Mata Minus Yang Sulit Melihat Jarak Dekat

Rssehat - Mata adalah organ tubuh yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Jika mengalami gangguan misalnya mata minus, tentu ini akan sangat mengganggu. Salah satu cara menyembuhkan mata minus yang sering dilakukan adalah dengan memakai kaca mata. Namun seiring dengan majunya ilmu pengetahuan, cara menyembuhkan mata minus yang bisa dicoba pun menjadi semakin beragam. Jadi kamu tak harus melulu memakai kaca mata untuk mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini. Lalu ada apa saja ya, cara menyembuhkan mata minus yang bisa kamu lakukan?


Penyebab mata minus

Secara medis mata minus juga disebut dengan istilah miopi. Ini adalah kondisi di mana bentuk bola mata terlalu panjang atau kornea terlalu melengkung. Hal ini membuat paparan cahaya yang masuk terganggu, sehingga mata tidak bisa fokus melihat benda dengan sempurna. Oleh karena itu, penderita mata minus akan mengalami penglihatan yang kabur. Ini dikarenakan fokus gambar jadi tidak terlihat di tempat semestinya yaitu di retina.


Cara menyembuhkan mata minus

Tujuan utama mengatasi masalah mata minus, adalah meningkatkan kualitas penglihatan. Caranya adalah dengan memperbaiki fokus cahaya pada retina.

Hal ini biasanya dilakukan melalui dua pilihan prosedur yakni pemakaian lensa atau operasi. Adapun secara lebih rinci, cara menyembuhkan mata minus dapat dilakukan melalui beberapa metode di bawah ini.


Pemberian lensa perbaikan

Metode ini dapat mengurangi mata minus dengan mencegah lengkungan kornea atau bola mata memanjang semakin parah. Beberapa cara yang umum disarankan dokter adalah:

Pemakaian kacamata

Merupakan cara paling sederhana yang bisa mempertajam penglihatan pada penderita mata minus. Lensa yang disarankan bisa beragam, mulai dari yang memiliki jangkauan luas dan memiliki penglihatan tunggal, bifokal, trifokal, sampai progesif multifokal.

Pemakaian lensa kontak

Merupakan cara lain yang digunakan untuk memperbaiki penglihatan yang kabur. Caranya adalah dengan memasang lensa tambahan tepat di permukaan lensa mata. Bentuk dan bahan lensanya bermacam-macam, semua bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mata.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Mata Minus Yang Sulit Melihat Jarak Dekat"

Posting Komentar