Beberapa Tips Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Terlihat Sehat Dan Cantik

Rssehat - Tubuh bagian bawah mungkin jarang kamu perhatikan, seperti paha, betis, kaki, hingga kuku kaki. Padahal kuku kaki membutuhkan cukup banyak perhatian, karena kuku kaki sangat rentan terluka. Misalnya kamu tidak sengaja terantuk ujung meja, kuku kaki kamu berpotensi retak, patah, bahkan terlepas dari tempatnya. Kamu tentunya tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Jika kuku kaki kamu kurang perawatan atau terluka, maka kuku kaki kamu dapat berubah tekstur menjadi lebih tebal, berubah warna menjadi agak kuning bahkan hitam, lalu yang lebih parah adalah menjadi busuk dan bau. Untuk itu, Kami akan membagikan beberapa cara merawat kuku kaki agar kuku kaki kamu menjadi lebih kuat dan terbebas dari kotor, hitam, busuk, dan bau.


1. Gunakan Pelembab

Kalau kamyu berpikir yang membutuhkan pelembab hanya kulit saja berarti kamu belum tau bahwa kuku juga membutuhkan pelembab, Dengan menggunakan pelembab, Kuku kamu yang rapuh akan menjadi lebih kuat dalam bentuk yang bagus. Gunakanlah pelembab khusus kuku cuticle cream) setiap hari, terutama saat sebelum tidur. Selain yang berbentuk krim, pelembab khusus kuku ada juga yang berbentuk gel. Jika kamu tidak memiliki cuticle cream, Anda dapat menggunakan body butter atau body lotion. 


2. Foot Bath

Hampir mirip dengan cara membersihkan kuku di atas, foot bath atau merendam kaki dapat membantu kamu membersihkan kuku kaki kamu. Sangat disarankan untuk kuku kaki yang hitam dan kuku kaki yang busuk. Siapkan baskom yang cukup besar, tuangkan air hangat, garam (kalau ada garam mandi lebih bagus), dan perasan lemon secukupnya. Rendam kaki kamu dalam larutan air hangat tersebut selama kurang lebih 10 menit.


3. Gunakan Belimbing Wuluh

Kamu pasti tau belimbing wuluh yang sering dijadikan bahan makanan seperti sup dan sambal? Ternyata belimbing wuluh dapat membantu menyingkirkan masalah kuku kaki secara alami, Belimbing wuluh mengandung flavonoid sebagai anti bakteri. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung vitamin dan asam amino yang tinggi.

Dengan segala kandungan yang ada pada belimbing wuluh, buah ini dapat membantu menyembuhkan kuku kaki yang rusak secara efektif. Belimbing wuluh akan mencerahkan warna kuku kaki sehingga tidak kuning apalagi hitam dan dapat membersihkan kuku dari kotoran.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong belimbing wuluh menjadi dua bagian, lalu gosokkan daging belimbing wuluh pada kuku dan kulit disekitarnya, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.


4. Hilangkan Jamur Kuku

Jamur kuku ini dapat di defenisikan dengan sangat mudah, Jika terdapat dua titik putih ataupun kuning pada kuku kaki kamu, Kemungkinan besar itu adalah jamur kuku, Biasanya jamur kuku hanya terdapat pada ibu jari kuku kaki. Jika jamur dibiarkan begitu saja akan menyebar ke seluruh permukaan kuku kaki dan akan menyebabkan kuku kaki kamu menjadi warna kuning hingga hitam, menebal dan retak hingga patah pada ujungnya, Kamu dapat menghilangkan jamur kuku kaki dengan menggunakan krim khusus jamur kuku, Berobat ke dokter hingga operasi.


5. Memilih Alas Kaki Yang Sesuai

Cara merawat kuku kaki dapat kamu lakukan dengan hal sederhana, seperti selektif dalam memilih alas kaki, baik itu sepatu, sendal, maupun kaos kaki. Sepatu yang tidak sesuai ukurannya (terlalu kecil ataupun terlalu besar) dapat membuat kuku kamu menjadi tumbuh ke dalam, menghitam, menjadi rapuh, menebal, bahkan membusuk. Penggunaan sendal sangat disarankan saat kamu berada di dalam rumah, karena dapat melindungi kaki sekaligus kuku kaki kamu dari debu dan kotoran. Selain itu, gunakan lah sendal saat berada di tempat lembab seperti kolam renang, ruangan loker, dan sebagainya agar kaki kamu dapat bernafas sekaligus terlindungi dari jamur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tips Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Terlihat Sehat Dan Cantik"

Posting Komentar