7 Makanan Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung


Rssehat - Penyakit jantung memang berkaitan erat dengan kadar kolesterol dalam darah. Maka dari itu, jangan heran kalau sebagian besar makanan sehat untuk jantung adalah makanan yang mempunyai kandungan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, akar dari penyakit jantung adalah kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL) yang terlalu tinggi, sehingga menempel di dinding arteri membentuk plak. Plak inilah yang kemudian menghambat aliran darah ke seluruh tubuh termasuk pada jantung. Penyumbatan pada pembuluh darah lalu menyebabkan serangan jantung yang sangat berbahaya dan tentunya mengancam nyawa. Karena itu, penting bagimu untuk memilih makanan mana yang tidak menyebabkan kenaikan kadar kolesterol dalam darah agar kesehatan jantung terjaga. Berikut ini daftar makanan sehat untuk jantung yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari!


1. Buah Alpukat

makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, alpukat. Lemak dalam alpukat merupakan lemak baik yang aman dikonsumsi pasien penyakit jantung. Selain ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat, alpukat juga mampu membantu mengatasi penggumpalan darah.


2. Buah Delima

Buah dilema mungkin salah satu makan sehat untuk jantung yang kurang populer. Namun faktanya, buah delima mengandung kadar antioksidan seperti polifenol dan antosianin yang tinggi. Suatu penelitian membuktikan bahwa jus dari buah delima mampu memperlancar aliran darah ke jantung. Buah delima memiliki kandungan nutrisi yang mirip dengan apel. Jadi, kamu bisa menjadikan kedua buah ini sebagai alternatif asupan buah bagi tubuh.


3. Buah Apel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, apel dan delima memiliki nutrisi yang mirip. Salah satu kandungan yang dimiliki keduanya adalah polifenol. Namun uniknya, polifenol pada apel terdapat pada kulit apel. Oleh sebab itu, lebih baik mengonsumsi apel tanpa mengupas kulitnya. Selain itu, apel membantu melindungi jantung karena kandungan probiotiknya. Probiotik berfungsi sebagai ‘makanan’ bagi bakteri menguntungkan yang berada di usus, yang juga dapat melindungi jantung. Mengonsumsi apel setiap hari memang benar-benar bisa menjauhkan kamu dari dokter.


4. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makan super bagi pasien penderita penyakit jantung karena kandungan omega-3 yang terkandung pada ikan salmon. Selain salmon, ikan sarden dan mackerel juga baik dikonsumsi penderita jantung karena ketiga ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 adalah lemak sehat yang mampu menurunkan risiko terkena gangguan ritme jantung dan aterosklerosis serta mampu menurunkan kadar trigliserida. Mengonsumsi ikan salmon dua kali seminggu secara rutin setiap minggunya.


5. Buah Jeruk

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya adalah jeruk. Jeruk memiliki kandungan pektin yang mampu mencegah stroke istemik yang disebabkan oleh penyumbatan. Kandungan lainnya yang terdapat dalam buah jeruk adalah flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada arteri. Buah yang satu ini juga mengandung hesperidin, bahan kimia dalam jeruk yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.


6. Kentang

Salah satu kandungan dalam kentang yang menjadikannya baik untuk jantung adalah kalium. Kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah. Biasanya orang yang punya tekanan darah tinggi lebih mudah terkena serangan jantung. Sehingga dengan mengonsumsi kentang, kamu sedang mengambil tindakan preventif akan penyakit jantung. Selain kalium, kentang juga kaya akan serat dan dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Kamu juga bisa mengganti karbohidratmu dengan kentang. Tapi ingat Toppers, sebaiknya tidak mengonsumsi kentang yang digoreng karena minyak goreng merupakan salah satu sumber kolesterol jahat. 


7. Tomat

Sama seperti kentang, tomat juga merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan jantung. Tak hanya itu, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan mengurangi risiko serangan jantung. Tomat juga rendah kalori dan gula sehingga bisa masuk dalam pola makan sehat. Begitu banyak kandungan bermanfaat dalam tomat yang membuatnya patut dikonsumsi secara rutin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung"

Posting Komentar