5 Tips Mengatasi Nyeri Akibat Salah Bantal

 

Rssehat - Cara mengatasi nyeri akibat salah bantal harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini biasanya terjadi karena penggunaan bantal yang tinggi ataupun rendah. Selain itu, saat tidur, leher dan kepala kamu mungkin bertahan dalam posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama, hal inilah yang menyebabkan salah bantal. Salah bantal dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain atau otot yang tegang. Salah bantal terjadi saat otot terlalu teriritasi atau robek. Hal ini biasanya terjadi karena kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat.

Cara mengatasi nyeri akibat salah bantal yang mudah dan efektif menghindarkan kamu dari kondisi yang lebih parah. Ketegangan dapat terjadi pada otot mana saja, tapi paling sering terjadi pada punggung bagian bawah, leher, dan bahu. Berikut ini kami rangkum tentang cara mengatasi nyeri akibat salah bantal dari berbagai sumber.


1. Gunakan Bantal Dengan Tepat

Hindari menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau keras, karena dapat membuat leher kaku. Ada beberapa bahan bantal yang dapat digunakan. Salah satunya adalah memory foam, yaitu bahan yang dapat mengikuti kontur leher dan kepala. Saat kamu tidur, gunakan bantal yang nyaman serta menjaga agar posisi kepala terhadap poros sumbu tulang belakang tidak miring. Gunakanlah bantal yang mengganjal kepala kamu secukupnya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.


2. Jangan Memutarkan Kepala Ataupun Membunyikan Leher

Cara mengatasi nyeri akibat salah bantal satu ini telah menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal, cara ini dapat menimbulkan cedera pada otot dan saraf yang terdapat di leher. Memang, membunyikan leher atau memutar kepala ketika leher rasanya letih menjadi kegiatan yang bisa membantu melegakan otot tapi kamu harus menguranginya demi kesehatan. Jadi, pastikan kamu menghindari cara yang satu ini.


3. Kompres Dengan Es Batu

Cara mengatasi nyeri akibat salah bantal yang pertama adalah mengompresnya dengan es batu. Kompres dengan es batu segera pada otot yang terasa nyeri. Hal ini akan mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.

Namun, jangan menaruh es batu langsung ke kulit. Gunakan pembungkus, kain, atau handuk bersih untuk membungkus es batu. Kompres dengan es batu selama sekitar 20 menit. Ulangi setiap jam pada hari pertama


4. Pijat

Nyeri akibat salah bantal biasanya dirasakan di sekitar leher salah satunya mengatasi salah bantal paling efektif rasa nyeri dan otot yang tegang dapat diatasi dengan memijatnya, Pijatan dapat meredakan nyeri leher dan membuat kamu lebih rileks kamu bisa meminta orang lain untuk melakukan pijatan lembut dibagian leher yang sakit.


5. Istirahat Dan Gerakan Dengan Perlahan

Cara mengatasi nyeri akibat salah bantal yang berikutnya adalah dengan beristirahat dan menggerakkannya secara perlahan. Hindari menggunakan otot leher selama beberapa hari, terutama jika gerakan menyebabkan meningkatknya rasa sakit.

Tapi jangan terlalu banyak istirahat, karena bisa menyebabkan otot menjadi lemah, yang bisa memperpanjang proses penyembuhan. Setelah dua hari, perlahan mulailah gunakan otot leher, berhati-hatilah agar tidak berlebihan.

Ketika kamu mengalami salah bantal, lakukan peregangan otot dengan melakukan gerakan ke arah berlawanan. Otot yang memendek akan tertarik kembali ke fungsi memanjang saat relaksasi. Namun, cara mengatasi nyeri akibat salah bantal yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak otot.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mengatasi Nyeri Akibat Salah Bantal"

Posting Komentar