5 Cara Merawat Kuku Secara Alami


Rssehat - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang sering menjadi perhatian karena mencerminkan kepribadian, untuk itu kita harus selalu merawat kuku agar selalu tampak bersih, cantik dan berkilau. Setiap orang mempunyai jenis kuku yang berbeda-beda, mulai dari jenis kuku lunak, kuku rapuh, kuku kering, hingga kuku yang sehat, semua itu hanya tergantung bagaimana kita merawat dan menjaganya agar kuku menjadi cantik dan sehat berkilau. Lalu bagaimana cara merawat kuku yang benar? Selanjutnya simak penjelasannya di bawah ini. Merawat kuku tidak hanya dengan gunting kuku, namun ada berbagai cara merawat kuku tangan maupun kaki, seperti berikut ini


1. Sempatkan tanpa cat kuku

Untuk kamu yang gak bisa hidup tanpa cat kuku, sebaiknya luangkan waktu sehari dalam satu minggu untuk tidak menggunakannya. Biarkan kuku-kukumu beristirahat dan mendapatkan udara agar lebih segar. Apabila telah selesai menggunakan cat kuku, pastinya tidak ada noda yang tersisa pada kuku. Untuk itu, rendam tanganmu ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Air jeruk ini mengandung astringent yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku. Cara merawat kuku ini juga bisa kamu lakukan bila tangan terkena noda kunyit setelah memasak.


2. Hindari menggunakan cat kuku yang keras

Cat kuku biasanya mengandung bahan kimia yang sangat beracun seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida. Untungnya, ada beberapa produsen yang tidak menggunakan bahan kimia ini, tetapi pastikan Anda membaca label dengan cermat sebelum membelinya ya. Anda juga dapat membeli cat kuku berbahan dasar air, yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.


3. Merendam kuku di dalam jus jeruk

Setelah memasak atau membersihkan rumah, biasakan untuk merendam tanganmu ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit. Cara merawat kuku ini bisa membantu tangan dan kukumu tetap lembut.


4. Potong kuku pendek

Sejak kecil kita selalu diajari cara merawat kuku dengan memotong kuku pendek, karena kuku yang panjang bisa membuat kuman serta bibit penyakit mudah masuk dan bersarang di celah kuku. Dibandingkan kuku kaki, kuku tangan kita pertumbuhannya empat kali lebih cepat daripada kuku kaki! Jadi rajinlah memotong kuku ketika sudah panjang.


5. Menggunakan krim khusus

Memelihara kuku panjang sah-sah saja, namun cara merawat kuku panjang haruslah tepat. Mulai dari kebersihan kuku, kelembapan, dan penggunaan cat kuku yang tepat pula. Supaya kukumu tidak cepat kering, pada saat penggunaan pewarna kuku jangan menghapusnya dengan penghapus berbahan kimia. Kamu juga bisa memberikan krim khusus untuk kuku.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Merawat Kuku Secara Alami"

Posting Komentar