7 Tips Mengatasi Cegukan Secara Alami


Rssehat - Cara mengatasi cegukan terus menerus apakah harus dengan mengunjungi dokter dan mengonsumsi obat? Tidak juga kok, ada cara alami yang bisa dicoba. Cegukan adalah “gangguan” medis yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Tidak hanya orang dewasa, bahkan bayi pun bisa mengalami cegukan!

Meskipun sering terjadi, namun umumnya cegukan yang dialami adalah jenis cegukan ringan yang bisa hilang dengan segera. Hanya saja, dalam beberapa kasus bisa juga muncul cegukan terus menerus dan penyebab cegukan ini bisa sangat beragam.

Lalu, apakah ada cara mengatasi cegukan yang cepat dan ampuh? Tentu saja ada, Tak hanya cepat, cara mengatasi cegukan di bawah ini juga alami alias tanpa memerlukan obat-obatan sehingga lebih aman dan tak membahayakan. Penasaran apa saja cara menghilangkan cegukan yang dimaksud? Yuk, baca ulasan selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini.

Penyebab Cegukan Terus Menerus

Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan dalam hidupnya, namun, tahukah kalian apa penyebabnya? Faktanya, masih banyak orang yang tak mengetahui apa penyebab cegukan yang sebenarnya. Mengutip dari laman hellosehat.com, cegukan terjadi karena diafragma mengejang tanpa disadar Akibat mengalami kejang, asupan napas pun terhenti tiba-tiba hingga kemudian menimbulkan suara “hik!” dalam cegukan. Beberapa penyebab cegukan yang sering kali timbul di antaranya

  • Makan terlalu banyak atau mengunyah terlalu cepat;
  • Terlalu banyak udara yang masuk lewat mulut;
  • Perubahan suhu yang tiba-tiba;
  • Kebiasaan buruk seperti terlalu banyak merokok dan minum alkohol; dan
  • Kondisi stres atau bersemangat tinggi secara emosional.

Dalam banyak kasus, kondisi cegukan bisa datang dan pergi dengan begitu cepat. Namun, tak jarang seseorang mengalami kondisi cegukan terus menerus secara berkepanjangan karena penyebab cegukan yang berbeda. Karena ini adalah fenomena yang sering terjadi, artinya setiap orang harus memahami cara mengatasi cegukan dengan baik dan benar.

Jenis Cegukan yang Biasa Timbul

Secara umum, ada dua jenis cegukan yang biasanya timbul atau dirasakan seseorang. Kedua jenis cegukan tersebut itu adalah sebagai berikut

1. Cegukan Ringan

Sesuai namanya, cegukan ringan adalah jenis cegukan yang umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. Jenis cegukan ini pun biasanya hilang dengan cepat tanpa perlu tindakan penanganan yang merepotkan.


2. Cegukan Terus Menerus (Cegukan Berat)

Kebalikannya dari jenis cegukan ringan, cegukan berat bisa hadir dalam durasi waktu yang lama bahkan hingga beberapa hari. Jika hal ini terjadi, Kamu harus waspada karena ada kemungkinan ini menjadi pertanda adanya sesuatu yang tak beres di dalam tubuh. Sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter bila mengalami cegukan terus menerus. Dan berikut ini ada 7  Cara Mengatasi Cegukan Yang Paling Ampuh, Yuk langsung saja simak berikut ini


1. Minum Air Hangat

Cara mengatasi cegukan yang bisa kamu coba pertama yaitu dengan minum air hangat. Sebagaimana diketahui, air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh lebih lancar. Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu minum air hangat lalu tahan napas dalam posisi membungkuk selama yang kamu mampu. Lalu, kembalikan posisi tubuh ke posisi normal dan kemudian masukkan air hangat tadi ke dalam tubuh sambil bernapas seperti biasa.


2. Olah Pernapasan

Olah pernapasan adalah cara mengatasi cegukan yang menurut banyak orang paling ampuh dan paling mujarab. Ada beberapa teknik olah pernapasan untuk mengatasi cegukan yang bisa dicoba, salah satunya gerakan Valsava. Untuk melakukannya, Kamu bisa mencoba menghembuskan napas sambil menjepit hidung dengan mulut tetap tertutup rapat. Agar dada semakin nyaman, Kamu juga bisa menambahnya dengan mengompres bagian dada.


3. Teknik Bernapas dengan Kantong Plastik atau Kertas

Teknik bernapas lainnya yang dianggap sebagai cara mengatasi cegukan ampuh yaitu dengan bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas. Sebetulnya teknik ini mirip dengan teknik menahan napas yang berfungsi untuk meningkatkan kadar karbondioksida. Hal yang perlu dilakukan yaitu bernapas dengan cara biasa, namun dilakukan ke dalam kantong plastik atau kantong kertas.


 4. Menahan Napas Sembari Melipat Kedua Lutut

Jika cara mengatasi cegukan di atas belum manjur, Kamu juga bisa mencoba teknik pernapasan yang satu ini. Kamu hanya perlu duduk di tempat yang nyaman, lipat lutut ke dada, tahan, dan bernapaslah dalam posisi tersebut. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan cegukan dengan bantuan tekanan dari lutut ke dada kamju.


5. Atasi Lewat Titik Tekanan

Selain dengan teknik pernapasan, ada juga cara mengatasi cegukan melalui titik tekanan pada tubuh. Titik tekanan ini terdapat di sekujur tubuh yang disebut sebagai titik yang sangat sensitif dan dapat membantu membuat diafragma rileks. Kamu bisa menekan area diafragma, menekan hidung hingga tertutup rapat saat minum air, atau menekan telapak tangan menggunakan ibu jari. Selain itu, ada juga titik areteri karotis di kedua sisi leher yang bisa dipijat untuk menyembuhkan cegukan.


6. Oleskan Minyak Kayu Putih

Tahukah kamu kalau minyak kayu putih juga bisa dijadikan cara mengatasi cegukan yang cukup ampuh? Cara penggunaannya pun cukup praktis dan tak merepotkan. Pertama-tama, Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada area leher dan area perut lalu biarkan panasnya menjalar. Panas dari minyak kayu putih dipercaya dapat merilekskan diafragma dan menghentikan cegukan dengan cepat.


7. Teknik Headstand

Meskipun belum didukung dengan penelitian mumpuni, namun tak ada salahnya mencoba cara mengatasi cegukan yang satu ini. Teknik headstand adalah teknik berdiri terbalik dengan posisi kaki di atas dan tangan di bawah menopang tubuh. Ketika tubuh terbalik, otomatis aliran darah dan oksigen pun akan berbalik dari bagian bawah tubuh ke arah kepala. Inilah yang membuat cegukan bisa hilang dengan segera.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Mengatasi Cegukan Secara Alami"

Posting Komentar