7 Manfaat Sari Kurma, Yang Baik Untuk Penderita Anemia


Rssehat - Manfaat sari kurma yang cukup populer adalah kemampuannya untuk mengembalikan energi tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk cair, di mana masyarakat sering menyebutnya sebagai sari kurma. Apa saja khasiat sari kurma? Simak penjelasannya di bawah ini. Kandungan Sari Kurma Sebagian besar kalori dalam sari kurma berasal dari karbohidrat, sementara sisanya berasal dari protein di dalamnya namun dengan jumlah yang sangat kecil. Meski mengandung kalori, kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, berbagai vitamin, dan mineral penting. Berikut ini adalah berbagai kandungan yang ada di dalamnya, antara lain:

  • Kalium
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Besi
  • Vitamin B6
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Folat
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niasin

Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai khasiat sari kurma, perlu Anda ketahui bahwa sari kurma dibuat dengan bahan 100% kurma, di mana hal itu menjadikan manfaat yang didapatkan tubuh sama seperti ketika Anda makan buahnya secara langsung. Selain itu, banyak orang menggunakannya sebagai pemanis pengganti gula karena memiliki efek yang lebih sedikit untuk mengganggu keseimbangan gula darah. Berikut ini adalah beberapa manfaat sari kurma yang berguna bagi tubuh, di antaranya:


1. Menjadi Sumber Energi yang Baik

Manfaat sari kurma yang pertama adalah menjadi sumber energi, terutama bagi Anda yang mengalami kelesuan. Kehadiran energi tinggi di dalamnya dapat dikaitkan dengan kadar gula yang tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan bahwa kurma dapat membantu tubuh mendapatkan kembali energi dengan segera.


2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat sari kurma berikutnya adalah kemampuannya untuk menjaga kondisi otak tetap optimal. Menurut sebuah penelitian, buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat serta antioksidan alami seperti seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Beberapa senyawa ini berpotensi membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.


3. Mengatasi Sembelit

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa buah kering ini memiliki tingkat serat makanan dan serat tak larut yang tinggi. Serat tidak larut yang ditemukan pada kurma meningkatkan sistem pencernaan yang sehat dengan membuat tinja lebih padat dan membantu meredakan gejala sembelit. Makanan yang kaya serat sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan memastikan perjalanan makanan yang nyaman melalui saluran usus.


4. Mencegah Gangguan Usus

Selain mengobati sembelit, manfaat sari kurma lainnya adalah menjaga kesehatan usus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat yang tidak larut dan larut serta berbagai asam amino di dalamnya dapat merangsang pencernaan makanan dan memastikan perjalanan cepat melalui saluran pencernaan. Bahkan, menurut studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition Review ini, serat juga dapat membantu merawat kondisi seperti penyakit refluks gastroesofageal (GERD), divertikulitis, dan wasir.


5. Membantu Mengatasi Anemia

Kurma adalah salah satu sumber nutrisi zat besi yang baik. Jika tubuh kekurangan zat besi, hal itu dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh, dan sesak napas. Oleh karena itu, meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi seperti kurma dapat membantu meringankan gejala anemia. Namun, penelitian untuk mengevaluasi peran langsung dalam pengobatan anemia masih terbatas.


6. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan, konsumsi kurma efektif untuk mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan atherogenesis, penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah Selain itu, khasiat sari buah kurma adalah menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit terkait jantung lainnya.


7. Mengatasi Disfungsi Seksual

Manfaat sari kurma berikut ini harus menjadi perhatian khususnya para laki-laki. Sebuah studi yang dilakukan pada hewan mengungkapkan bahwa kurma mampu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Penelitian lain mengungkapkan, kurma juga digunakan untuk mengobati infertilitas pria. Oleh karena itu, jika Anda mencari cara mudah untuk meningkatkan libido dan fungsi seksual, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi sari kurma karena sifat afrodisiak yang ada di dalamnya.

Meski bermanfaat, konsultasi dengan dokter diperlukan diperlukan untuk menentukan perawatan terbaik dalam mengatasi disfungsi seksual.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Sari Kurma, Yang Baik Untuk Penderita Anemia"

Posting Komentar