7 Cara Paling Mudah Menghilangkan Karang Gigi


Rssehat - Karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Selain datang ke dokter, kamu bisa mencoba menghilangkannya sendiri dengan mudah. Mau tahu caranya? Munculnya karang gigi dapat disebabkan oleh sisa-sisa dari makanan tertinggal di dalam gigi yang tidak segera dibersihkan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menumpuk dan berubah menjadi karang. Karang gigi yang tidak segera diatasi akan menyebabkan penyakit-penyakit gigi seperti radang gusi. Sebelum datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan menghilangkan karang gigi, kamu dapat mencoba menghilangkannya dengan mudah di rumah dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.


1. Rajin Menggosok Gigi

Rajin menggosok gigi dapat membantu untuk mencegah bertambahnya karang gigi. Dari kecil kita sudah diajarkan untuk selalu menyikat gigi setelah makan. Lakukan sikat gigi selama 2 menit agar memastikan gigi telah tersikat dengan bersih dan merata.


2. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya kamu buang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Hal ini disebabkan kandungan asam yang dimilikinya. Kamu dapat menggosokkan kulit jeruk ke karang gigi selama 2-3 menit. Selain itu, kamu juga bisa membuat kulit jeruk menjadi pasta dan mengoleskannya pada karang gigi.


3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dipercaya untuk membantu menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Kamu bisa membuat baking soda menjadi pasta gigi dengan mencampurkan sejumput garam. Gunakan pasta ini saat kamu sikat gigi selama 2 menit dan bersihkan dengan air. Selain untuk menghilangkan karang, baking soda juga dapat membantu untuk memutihkan gigi.


4. Rajin Mengonsumsi Stroberi

Buah stroberi mengandung vitamin C yang dipercaya dapat efektif menghilangkan karang gigi. Konsumsilah dengan rajin buah stroberi agar dapat mengurangi karang gigi yang menempel.


5. Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride mampu mencegah karang gigi berkembang. Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan juga mampu membantu menghilangkan karang dan noda kekuningan pada gigi.


6. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur yang banyak dijual saat ini dapat menjadi pilihanmu. Obat kumur tersebut dapat membantu menyegarkan napas dan juga mengurangi plak gigi.


7. Mengunyah Biji Wijen

Mengunyah segenggam biji wijen dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi. Caranya dengan masukkan segenggam biji wijen dan gosok gigi menggunakan sikat kering. Biji wijen ini akan bertindak sebagai scrub alami yang dapat mengurangi karang gigi.


Baca Juga : 7 Manfaat Dari Air Rebusan Jahe Yang Sangat Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Paling Mudah Menghilangkan Karang Gigi"

Posting Komentar