5 Makanan Yang Bisa Membersihkan Pembuluh Darah


Rssehat - Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar dan kematian mendadak. Salah satu penyebabnya adalah penyakit arteri koroner. Penyakit arteri koroner terjadi ketika penumpukan plak mempersempit dinding arteri dan membatasi aliran darah ke jantung. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung. Penyakit arteri koroner dapat diobati atau dicegah melalui modifikasi gaya hidup, salah satunya adalah dengan memerhatikan diet. terdapat sejumlah makanan alami yang mampu membersihkan pembuluh darah, sehingga baik untuk jantung. Berikut beberapa di antaranya


1. Kunyit

Tingkat peradangan telah terbukti memiliki efek langsung pada arteriosklerosis, yaitu pengerasan pembuluh darah. Dan kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada dinding arteri.


2. Delima

Rutin minum jus buah delima dapat menjaga kesehatan jantung yang optimal. Melansir dari Healthline, delima telah terbukti membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah. Hal ini disebabkan tingginya kadar antioksidan dari buah delima ini mampu melawan radikal bebas dan merangsang produksi oksida nitrat dalam darah. Untuk memperoleh manfaat yang optimal, pastikan kamu mengonsumsi delima segar atau jus delima tanpa tambahan gula.


3. Sayur

Sayur-sayuran adalah makanan yang sehat untuk jantung karena kaya akan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien. Asparagus dan paprika misalnya, adalah sumber vitamin B yang tinggi, terutama vitamin B6, yang membantu menurunkan homosistein, yaitu asam amino yang dikaitkan dengan penyakit jantung, dan protein C-reaktif yang merupakan penanda peradangan. Selain itu, wortel, tomat, jeruk, dan pisang kaya akan karoten termasuk lycopene, yang merupakan antioksidan penting.


4. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden, makarel, ikan teri, salmon, dan ikan herring merupakan sumber asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dikenal dapat mengurangi masalah kesehatan, seperti peradangan, gangguan irama jantung, serta tingginya kadar trigliserida dan tekanan darah. Diet yang kaya akan jenis lemak ini dapat mencegah penumpukan plak di arteri. Untuk mendapatkan manfaat ini, tiap individu disarankan untuk mengonsumsi ikan ini dua kali seminggu.


5. Teh

Teh merupakan tanaman yang kaya akan flavonoid yang membantu menetralkan oksidasi dalam tubuh. Flavonoid khusus yang ada dalam teh hijau, yang disebut katekin, memiliki manfaat melindungi sel-sel. Akan tetapi sebenarnya semua jenis teh, seperti teh hitam, hijau, dan oolong bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dengan sejumlah cara, seperti memblokir kolesterol makanan agar tidak terserap ke dalam aliran darah, mengatur kadar gula darah, dan meredakan peradangan




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Yang Bisa Membersihkan Pembuluh Darah"

Posting Komentar