7 Manfaat Dari Sari Kurma Yang Harus Kamu Ketahui


Rssehat - Kurma menjadi buah yang paling dicari ketika bulan Ramadhan. Buah ini memang cocok dijadikan makanan untuk berbuka atau pun ketika sahur. Selain lezat, nutrisi yang ada di dalamnya pun juga baik bagi kesehatan tubuh. Buah kurma bisa dikonsumsi secara langsung, atau juga bisa dikonsumsi dalam bentuk cair, yaitu sari kurma. Dalam bentuk sari kurma ini, kandungan yang ada di dalamnya pun masih tetap luar biasa.

Terdapat kalium, magnesium, tembaga, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, riboflavin, dan niasin yang berkumpul di dalamnya. Tidak heran jika sari kurma juga memiliki manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat sari kurma untuk kesehatan kamu.


1. Mengatasi Konstipasi

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa mereka begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat kurma, maka kamu harus merendam beberapa butir kurma dengan air matang di malam,

Lalu mengonsumsinya di pagi hari saat sudah mulai menjadi cair, untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam menggiatkan pergerakan usus sehat sehingga makanan beserta limbahnya bisa lancar melewati saluran cerna.


2. Menunjang Kesehatan dan Kekuatan Tulang 

Kurma mengandung sejumlah mineral yang signifikan sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis.

Khasiat kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama saat orang mulai menua dan tulang mereka perlahan melemah.


3. Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Asupan kurma yang terus menerus membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Mengenai manfaat kurma dalam mengatasi masalah pencernaan, hal ini perantarai oleh kandungan serat yang tidak larut dan larut, serta banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang proses pencernaan makanan sehingga membuatnya lebih efisien, artinya lebih banyak nutrisi akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke dalam tubuh dengan lebih optimal.


4. Membantu Mengobati Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Manfaat buah kurma dalam membantu mengobati anemia atau kurang darah diperantarai oleh kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tingginya kadar zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.


5. Menanggulangi Alergi

Salah satu kandungan kurma yang paling menarik adalah adanya belerang organik di dalamnya. Memang ini bukanlah unsur yang mudah ditemukan dalam makanan, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang banyak, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik dapat memberi dampak positif pada sejumlah penderita yang mengalami rinitis alergi musiman atau SAR (Seasonal Allergic Rhinitis). Itulah mengapa kita bisa mengambil manfaat kurma untuk kondisi tersebut, karena kurma mengandung sulfur organik yang tidak umum ditemukan pada makanan.


6. Mempercepat Pemulihan Penyakit Demam Berdarah

Berdasarkan beberapa kajian menyatakan bahwa dengan memanfaatkan kurma ini dapat membantu dalam peningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah. Mineral yang terdapat dalam kurma setelah dikonsumsi seperti galaktosa, xilosa, dan manosa, dapat menambah kadar trombosit sekitar 23.90%.


7. Mencegah Gejala Rematik

Mineral yang ada pada buah kurma ini mampu menyehatkan tulang dan otot, sehingga dapat mencegah gejala penyakit rematik. Hal ini dapat diatasi dengan memakan buah kurma 15 buah setiap harinya secara rutin.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Dari Sari Kurma Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar