10 Manfaat Dari Tempurung Kelapa Bagi Kesehatan


Rssehat - Manfaat dari tempurung kelapa untuk berbagai aspek dalam kehidupan. Tempurung kelapa merupakan bagian kulit luar dari buah kelapa. Kulit luar ini teksturnya keras dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan dalam melangsungkan kehidupan manusia. Selain bagian tempurungnya, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahwa kelapa memiliki manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya. Mulai dari batangnya, daunnya, buahnya, air buahnya, kulit dalamnya, hingga kulit luarnya sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia.

Tempurung kelapa atau batok kelapa merupakan bagian yang sering dianggap tidak berguna. Bagian luar dari kulit kepala ini merupakan bagian yang keras dan lebih banyak dibuang oleh masyarakat. Padahal tempurung kelapa juga memiliki banyak manfaat. Terutama ketika tempurung kelapa telah diolah menjadi bentuk arang batok. Berbagai macam manfaat untuk kesehatan kamu dapat dihasilkan oleh tempurung kelapa ini. Kamu tentu penasaran apa saja manfaat tempurung dari kelapa untuk kehidupan kita. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai 15 manfaat dari tempurung kelapa dalam kehidupan manusia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seluruh bagian kelapa memiliki manfaatnya masing-maing untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Begitu juga dengan bagian tempurung kelapa. Tempurung kelapa ini memiliki banyak manfaat. Daftar manfaat tempurung kelapa untuk kehidupan manusia antara lain adalah


1. Menjadi Bahan Pengawet Makanan Alami

Tempurung kelapa yang ingin dimanfaatkan menjadi bahan pengawet alami adalah tempurung yang diolah menjadi cairan tempurung. Pengolahan dilakukan dengan mengasapi tempurung kelapa lalu menampung asap cair yang kental yang menyerupai kecap dari pengasapan ini.

Setelah keluar cairan seperti kecap ini sudah bisa digunakan untuk pengawet kayu dari rayap, namun belum dapat digunakan untuk pengawet makanan. Jika ingin menggunakannya sebagai pengawet makanan, maka kecap dari tempurung kelapa ini harus diproses lanjutan. Jika telah selesai, maka tempurung kelapa telah siap untuk menjadi pengawet makanan seperti bakso, ikan, ataupun mie.


2. Menjadi Obat Untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat tempurung dari kelapa untuk kesehatan tubuh adalah menjadi obat bagi penderita diabetes. Penggunaannya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama bersihkanlah tempurung kelapa dari sabut kelapa yang menempel di dalamnya, Jika sudah benar-benar bersih, maka rebus tempurung kelapan dalam sebuah panci namun harus panci yang terbuat dari tanah liat. Banyak air rebus dipastikan hingga tempurung seluruhnya terendam. Lakukanlah perebusan hingga air berkurang lebih dari sepertiga banyak air sebelumnya. Selesai itu, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali dalam satu hari. Rebus ulang tempurung kelapa setiap dua hari.


3. Mengobati Keracunan

Keracunan makanan merupakan keadaan yang berbahaya bahkan dapat mematikan sesorang. Jika kamu atau kenalan kamu mengalami keracunan makanan, maka pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi arang yang dihasilkan dari pembakaran tempurung kelapa ini. Sudah banyak hasil pengolahan tempurung kelapa menjadi arang ataupun karbon aktif. Pilihlah produk tersebut untuk lebih aman dikonsumsi. Namun, jika dalam waktu yang mendesak, maka kamu dapat memroduksi sendiri arang tempurung kelapa yang bermanfaat ini.


4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari tempurung kelapa adalah untuk membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan, oleh karena itu kadar kolesterol harus dijaga tetap normal. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki masalah dalam menjaga kadar kolesterol dengan baik dapat memanfaatkan tempurung kelapa ini. Tempurung kelapa yang telah diolah diketahui mampu untuk menurunkan kolesterol dengan efektif. Kamu dapat memroduksi tempurung kelapa menjadi karbon aktif sendiri, atau membeli produk yang sudah jadi.


5. Menjadi Anti Bisa Beracun Hewan

Bisa pada hewan tertentu jika menggigit kulit kita dapat menyebabkan kita terinfeksi juga racun tersebut. Racun ini sangat berbahaya karena jika tidak langsung dinetralisir dari tubuh dapat berakibat fatal hingga kematian. Salah satu manfaat tempurung dari kelapa adalah menjadi anti dari bisa beracun hewan-hewan seperti laba-laba, lebah, dan juga ular. Kamu harus melakukan pemanasan terhadap tempurung kelapa untuk menghasilkan anti bisa beracun hewan ini. Tentu sangat bermanfaat untuk keadaan penting saat tergigit hewan bukan.


6. Mengobati Inflamasi

Inflamasi merupakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh seseorang. Peradangan dalam tubuh ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti keracunan, ataupun infeksi virus. Segala penyebab dan faktor yang memicu peradangan atau inflamasi ini dapat diatasi dan diserap menggunakan hasil pengolahan dari tempurung kelapa. Kamu dapat mengolah tempurung kelapa menjadi arang ataupun karbon aktif yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati inflamasi. Oleh karena itu, manfaatkanlah tempurung kelapa ini dengan maksimal.


7. Membantu Proses Dalam Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dilaksanakan dengan andil dari beberapa organ pencernaan secara bersamaan. Organ pencernaan ini harus bekerja secara maksimal untuk memaksimalkan proses sistem pencernaan. Salah saru cara membantu proses dalam sistem pencernaan adalah dengan menggunakan manfaat dari tempurung kelapa. Manfaat tempurung kelapa ini dapat digunakan untuk mendetoksifikasi racun atau kotoran yang menghambat kerja dari organ-organ pencernaan. Setelah organ pencernaan bebas dari segala racun dan kotoran, maka organ pencernaan dapat mendukung sistem pencernaan menjadi lebih efektif bekerja.


8. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Proses penyembuhan luka juga masih ada kaitannya dengan proses penyembuhan peradangan dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat dari tempurung kelapa juga dapat dirasakan dalam proses penyembuhan luka. Luka harus dapat mengalami penyembuhan dengan maksimal, jika saja kondisi tubuh kamu sehat dan fit. Jika tidak, maka kamu dapat memanfaatkan hasil olahan tempurung kelapa yaitu karbon aktif untuk membantu proses penyembuhannya. Kamu cukup mengoleskan karbon aktif pada luka yang belum sembuh. Gunakan secara rutin dan kamu akan mendapatkan luka yang sembuh dengan baik.


9. Menjaga Kesehatan Kulit

Selanjutnya tempurung kelapa juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Kesehatan kulit dapat dihasilkan dengan penggunaan arang tempurung kelapa. Penggunaannya secara rutin dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memutihkan kulit secara alami, selain itu permukaan kulit juga dapat menjadi lebih halus dan bersinar. Jadi gunakanlah tempurung kelapa sebagai alternatif perawatan kulit kamu. Hal ini kemudian dapat mempercantik kamu tanpa resiko tinggi seperti pada produk-produk kecantikan.


10. Menjadi Saringan Alami Untuk Air Bersih

Kondisi air di setiap daerah berbeda-beda. Ada yang air tanahnya bersih, ada juga yang keruh akibat banyaknya kandungan logam yang bercampur di dalamnya. Pengikatan kandungan yang tidak baik untuk kesehatan dari air dapat dilakukan dengan menggunakan karbon aktif hasil dari pengolahan tempurung kelapa. Tempurung kelapa ini dapat menjadikan air murni dan bersih tanpa resiko apapun. Oleh karena itu, gunakanlah tempurung kelapa untuk menjadi air tanah kamu kembali jernih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Dari Tempurung Kelapa Bagi Kesehatan"

Posting Komentar