10 Manfaat Dari Daun Kemangi Untuk Kesehatan


Rssehat - Daun kemangi banyak dimanfaatkan sebagai sayur pelengkap saat makan ayam penyet dan sejenisnya. Sebenarnya, sejak zaman dahulu tanaman ini juga sudah digunakan sebagai obat, tapi sekarang pemanfaatan daun kemangi lebih banyak sebagai lalapan saja. Padahal, daun kemangi ini punya sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit hingga rambut. Di China, daun kemangi sudah lama dijadikan obat tradisional, ampuh untuk mengatasi mual dan gigitan serangga.

Selain itu, bau daun kemangi sangat khas, sehingga cocok dijadikan aromaterapi dan ekstrak untuk perawatan kulit dan rambut. Di dalam daun kemangi terdapat kandungan alami seperti adaptogen, anti peradangan dan kaya akan kandungan vitamin. Kandungan-kandungan tersebut membuat daun kemangi ampuh jadi obat berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan tubuh dan mental. Lebih lengkapnya, Sahabat Dream bisa membaca ulasan mengenai manfaat daun kemangi di bawah ini.


1. Kaya Antiokasidan

Di dalam daun kemangi, ada minyak atsiri yang kaya antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan sangat baik untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


2. Bersifat Anti Peradangan

Selain mengandung antioksidan yang kaya, daun kemangi memiliki sifat anti peradangan. Kemampuan ini sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, arthritis dan berbagai jenis penyakit karena peradangan lainnya.


3. Mengandung Anti Bakteri

Dalam sebuah penelitian menggunakan ekstrak daun kemangi, ditemukan fakta bahwa minyak alami dalam daun kemangi, mengandung anti bakteri yang ampuh melawan bakteri jahat penyebab berbagai penyakit.


4. Mengandung Anti Mikroba

Kandungan anti mikroba melengkapi kandungan daun kemangi, kelengkapan zat penting ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Anti mikroba tidak hanya mampu melawan bakteri saja, tapi juga mampu melawan jamur dan virus penyebab infeksi.
Manfaat Daun Kemangi untuk Melawan Penyakit


5. Melawan Virus

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, misalnya saja iritasi kulit, demam, hingga penyakit kronis seperti HIV/AIDS. Dengan mengonsumsi daun kemangi, daya tahan tubuh akan jadi lebih kuat dan virus penyebab penyakit bisa dilawan.


6. Mencegah Infeksi

Infeksi bisa terjadi karena serangan virus, bakteri atau jamur. Kandungan dalam daun kemangi sudah jelas mampu melawan berbagai penyebab tersebut. Sehingga, masalah infeksi bisa dicegah jauh sebelum virus dan bakteri ini menyerang.


7. Melawan Kanker

Dalam sebuah penelitian dari Nutrition and Cancer menunjukkan daun kemangi mengandung phytochemical yang ampuh melawan dan mencegah kanker. Konsumsi daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, dan membunuh sel-sel penyebab kanker.


8. Mengurangi Risiko Stroke

Daun kemangi manis atau sweet basil, mengandung kandungan alami yang mampu mengurangi risiko penyakit strok. Daun kemangi jenis ini juga baik dikonsumsi oleh penderita stroke, baik untuk menyembuhkan dan mengurangi risiko kematian mendadak.


9. Meredakan Stres

Minyak alami yang terkandung dalam daun kemangi bermanfaat untuk mengatasi masalah kecemasan dan baik untuk meredakan stres. Daun kemangi mampu merangsang neurotransmiter, mengatur hormon untuk memproduksi hormon kebahagiaan dan meningkatkan energi. Daun kemangi dianggap sebagai adaptogen atau zat anti stres, mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengelola stres.


10. Mengatasi Depresi

Selain masalah stres ringan, masalah kesehatan mental yang cukup berat seperti depresi, bisa diatasi dengan daun kemangi. Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antidepresan yang dapat mempengaruhi fungsi otak dalam menstimulasi hormon. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan mental ini bisa diperoleh dengan membuat aromaterapi, atau minyak alami dari daun kemangi. Menghirup aroma daun kemangi akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Dari Daun Kemangi Untuk Kesehatan"

Posting Komentar