7 Manfaat Dari Kulit Jeruk Yang Sangat Bermanfaat


Rssehat - Rutin mengonsumsi jus buah jeruk sangat baik untuk kesehatan. Tetapi, manfaat kulit jeruk juga sama banyaknya, terutama untuk kesehatan kulit kamu. Salah satu studi baru-baru ini mengungkap kulit jeruk mengandung zat antioksidan yang lebih banyak dibanding buah jeruk. Kandungan ini di antaranya dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit yang berhubungan dengan kolesterol. Apa lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit jeruk? Apa pula manfaat kulit jeruk secara lengkap? Berikut pembahasannya.

Kandungan & Manfaat Kulit Jeruk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Namun kamu mungkin tidak menyadari bahwa kandungan yang sama juga ada pada kulitnya. Bahkan, hanya butuh satu sendok makan (6 gram) kulit jeruk untuk memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Jumlah ini tiga kali lipat lebih banyak dibanding jika kamu mengonsumsi buah jeruk.


1. Menurunkan Kolestrol


Kulit jeruk bisa mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuh kamu. Kebanyakan orang mengetahui kalau kolesterol tinggi bisa meningkatkan kemungkinan resiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk akan membantu mengurangi kolesterol, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Yang perlu kamu lakukan hanya minum teh kulit jeruk dua kali setiap hari.


2. Pewangi Ruangan

Kulit jeruk selain bisa membersihkan ruangan juga bisa digunakan untuk mengharumkan.
Langkahnya lagi-lagi mudah, pertama, masukan kulit jeruk ke dalam panci yang diisi air, masaklah dengan suhu rendah lalu biarkan sampai air mendidih. Nah dari uap air jeruk yang mendidih ini akan mengandungan minyak alami yang berperan untuk mengharumkan ruangan. Sekedar anjuran, kita dapat memberikan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.


3. Membersihkan Talenan

Papan kayu untuk memotong sayuran atau yang umum kita sebut talenan mungkin menjadi sarang bakteri. Terkadang sayuran yang belum dicuci, atau bahkan juga yang telah dicuci sekalipun, mungkin saja masih memiliki kandungan bakteri. Nah, dibutuhkan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Langkahnya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, serta keringkan di tempat panas. Kulit jeruk ini juga bermanfaat sebagai disinfektan yang dapat menyingkirkan bakteri.


4. Mencerahkan Warna Kulit

Kulit jeruk mempunyai kandungan asam sitrat yang berperan sebagai agen pemutih alami. Bubuk dari kulit jeruk ajaib ini bisa dipakai secara efektif untuk membuat cerah kulit secara alami. Caranya, campur bubuk kulit jeruk dengan susu, usapkan campuran itu di wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air biasa sampai bersih untuk melihat perubahan yang terjadi.


5. Menghilangkan Ketombe

Kulit jeruk selain juga berperan untuk menangani permasalahan ketombe, tenyata juga bisa untuk memerangi rambut rontok serta membuat rambut sehat dan bercahaya. Ini membantu untuk membersihkan kulit kepala serta bertindak sebagai kondisioner yang sangat baik.


6. Menyembuhkan Infeksi Flu Dan Demam

Kulit jeruk adalah sumber terbaik yang memiliki kandungan vitamin C serta A, keduanya merupakan sumber anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan serta mencegah terjadinya flu, demam, dan beragam infeksi dalam tubuh.


7. Memutihkan Gigi

Pernah merasa kesal dengan warna gigi yang menguning? Memakai kulit jeruk merupakan jawaban yang tepat. Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang disebut d-limonene, yang bisa membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang dikarenakan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi kamu selama 2-3 menit, kemudian bilas. Lakukan hal semacam ini dengan teratur dua kali sehari, maka gigi kamu akan kembali memutih.



Demikian 7 manfaat dari Kulit jeruk yang perlu kamu ketahui dan sangat bermanfaat buat kesehatan yang bisa kalian coba juga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Dari Kulit Jeruk Yang Sangat Bermanfaat"

Posting Komentar