Cara Mengatasi Leher Sakit Karena Salah Bantal


Rssehat - Sakit leher akibat salah bantal bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seharian. Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada banyak cara mengatasi salah bantal. Dijamin nyeri leher hilang dan kamu bisa beraktivitas seperti semula!

Cara Mengatasi Salah Bantal yang Efektif dan Mudah

Perlu menjadi catatan bahwa salah bantal tidak selamanya disebabkan oleh bantal. Bisa jadi karena posisi tidur yang salah atau kasur yang perlu diganti.

Berikut ini beberapa cara mengobati salah bantal yang terbukti berhasil:

1. Kompres Air Hangat

Cara menyembuhkan salah bantal yang pertama adalah dengan mengompres leher dengan air hangat. Cara mengompres leher dengan air hangat:
  • Siapkan kain/handuk bersih dan air hangat secukupnya
  • Celupkan kain/handuk ke dalam wadah berisi air hangat
  • Peras handuk/kain
  • Tempelkan pada bagian yang sakit
  • Kompres leher sekitar 20 menit atau hingga rasa sakit reda

2. Kompres Es Batu

Selain air hangat, bisa juga kompres menggunakan es batu. Terlihat sederhana, cara ini mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Cara mengompres leher dengan es batu:
  • Siapkan kain/handuk dan es batu secukupnya
  • Balut es batu menggunakan kain/handuk
  • Tempelkan atau kompres pada bagian leher yang nyeri
  • Lakukan pengompresan sekitar 20 menit atau hingga rasa sakit berkurang

3. Melakukan Peregangan

Tidak perlu berlebihan, cukup gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan agar leher tidak semakin kaku. Lakukan dengan perlahan untuk melonggarkan otot yang tegang. Cara ini akan lebih efektif dilakukan jika kamu sudah megompres bagian leher yang sakit.

4. Jangan Memutar atau Membunyikan Leher

Tidak jarang seseorang akan memutar leher ketika merasa sakit karena merasa ada yang mengganjal. Kebiasaan ini harus dihindari karena malah bisa menimbulkan cedera baru. Bukannya jadi terasa lebih baik, leher kamu akan terasa lebih sakit daripada sebelumnya.

5. Pijat Leher

Cara mengatasi salah bantal selanjutnya yaitu memijat bagian leher yang sakit. Sangat disarankan untuk melakukan pemijatan dengan bantuan profesional agar rasa sakit tidak semakin parah. Jika dilakukan dengan benar, maka otot leher bisa kembali rileks.

6. Hindari Kegiatan Berat

Manfaat olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, namun kegiatan ini harus dibatasi apabila kamu mengalami sakit leher. Kalau kamu adalah seseorang yang hobi berolahraga angkat beban di gym, maka kurangi atau hindari kegiatan tersebut. Olahraga yang terlalu berat dan memberi tekanan ke area leher malah akan memperparah rasa nyeri.

7. Istirahatkan Otot Leher

Cara mengistirahatkan otot leher adalah dengan mengurangi gerakan. Proses ini akan membantu otot menjadi lebih cepat pulih karena jadi tidak bekerja lebih keras seperti biasanya. Kamu juga jadi bisa mendapatkan waktu beristirahat yang lebih baik.

8. Olahraga Ringan Teratur

Jika di poin sebelumnya kamu harus menghindari angkat beban dan mengistirahatkan leher, bukan berarti tidak boleh olahraga. Kamu tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk meregangkan beberapa bagian tubuh, termasuk leher.

9. Mengganti Posisi Tidur

Cara mengobati salah bantal juga bisa dengan mengganti posisi tidur kamu. Tanpa disadari, posisi tidur yang salah bisa jadi penyebab sakit leher. Salah satu posisi tidur yang direkomendasikan yaitu telentang atau miring.

10. Memilih Spring Bed yang Bagus

Apa kaitannya antara sakit leher akibat salah bantal dengan memilih spring bed? Perlu diketahui bahwa kasur yang tidak nyaman bisa mengakibatkan sakit di beberapa bagian tubuh, termasuk leher. Hal ini disebabkan oleh kasur atau spring bed yang tidak bisa menopang tubuh dengan baik seperti seharusnya.

11. Gunakan Bantal yang Tepat

Cara mengatasi salah bantal yang paling efektif yaitu memilih dan memakai bantal yang tepat. Gunakan bantal berkualitas dengan tingkat ketebalan yang sesuai standar. Ukuran bantal yang tidak tepat bisa berpengaruh terhadap posisi kepala saat tidur.

12. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Cara mengatasi salah bantal selanjutnya adalah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat acetaminophen, atau obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen, naproxen, hingga aspirin bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit itu, kamu disarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar mengetahui cara pemakaian dan dosis tepatnya.



Itulah 12 cara mengatasi salah bantal yang pastinya dengan cepat sembuh yang bisa kamu lakukan dengan teliti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Leher Sakit Karena Salah Bantal"

Posting Komentar