Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri & Cara Alami Mengatasinya


Rssehat - Sakit pinggang ini sering disebut dengan keluhan sambil lalu, Padahal kondisi ini bisa saja menjadi pertanda dari nyeri Kronis atau masalah kesehatan yang serius yang mungkin saja tidak kamu sadari. Misalnya sakit pinggang sebelah kiri yang dapat dipicu berbagai penyebab yang tidak bisa di sepelekan, Disini kamia kan menjelaskan beberapa ulasan mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan berbagai obat yang ampuh untuk mengatasi sakit pinggan sebelah kiri.


Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri 

Sakit pinggang sebelah kiri maupun kanan termasuk keluhan yang umum rasanya hampir setiap orang pernah mengalaminya minimal sekali seumur hidup, Akan tetapi bukan berarti masalah ini boleh diacukan, Apalagi jika kamu tidak hanya sekali mengalaminya, Berikut ini beberapa penyebab sakit pinggang dibagian sebelah kiri yang perlu kamu ketahui


1. Infeksi Ginjal

Infeksi pada ginjal bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri tidak tertahankan baik pria maupun wanita, Biasanya rasa nyeri yang dirasakan cukup menggangu aktivitas dimulai di area sekitar kandung kemih hingga akhirnya menyebar ke ginjal dan kondisi ini biasanya sangat terasa di sebelah tulang belakang atas pinggul kamu dan akan semakin memburuk saat bergerak atau tertekan , Tidak hanya sakit pinggang infeksi ginjal di pinggang sebelah kiri juga dapat membuat kamu mengalami demam, mual dan muntah-muntah.


2. Masalah Pada Sistem Reproduksi

Kondisi seperti ini disebabkan oleh jaringan uterus berlebih yang tumbuh diluar rahim, Sementara fibroid adalah tumbuhnya jaringan jinak didalam rahim, Selain sakit pinggang sebelah kiri fibroid juga ditandai dengan periode menstruasi yang abnormal, Sering membuang air kecil dan sakit pinggang saat berhubungan seks.


3. Radang Sendi Pinggul

Radang sendi pinggul merupakan kerusakan yang terjadi pada jaringan sambung antar tulang di sekitar area panggul, Area tersebut ada di dasar tulang belakang dan di antara sepasang tulang panggul. Tulang panggul merupakan jenis persendian yang paling kokoh dan stabil, Sendi area panggul ini juga rentan mengalami artritis degeneratif. Biasanya diawali dengan robekan kecil hingga muncul rasa nyeri yang disebabkan oleh tekanan serta proses pergeseran tulang.


4. Batu Ginjal

Ginjal merupakan organ yang terletak di masing-masing sisi kiri dan kanan tubuh, Jadi rasa sakit yang muncul dipinggang kiri bisa menjadi pertanda adanya masalah pada ginjal sebelah kiri, Batu Ginjal merupakan satu penyakit yang menyebabkan rasa sakit pinggang paling parah, Pembentukan batu dalam ginjal sebenarnya berasal dari zat zat kimia yang seharusnya terbuang oleh tubuh tapi mala mengendap dan mengeras.


Cara Alami Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Setelah membahas apa penyebab dari gejala sakit pinggang sebelah kiri selanjutnya akan kami bahas obat alami dari sakit pinggang sebelah kiri ini.


1. Berendaman Dengan Air Hangat

Saat kamu berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat kamu jadi lebih rileks. Tidak hanya itu saja, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal. Mau mencoba cara tradisional untuk mengatasi sakit pinggang? Mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa menjadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung saat berendam air hangat.


2. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit ini dipercaya sebagai arti peradangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi seperti sakit pinggang sebelah kiri, Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, Itu sebabnya silahkan berkonsultasi ke dokter terdekat sebelum menggunakan kunyit sebagai obat tradisional sakit pinggang.


3. Jahe

Meskipun studi lebih lanjut diperlukan namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan yang jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri, Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, Bengkak, Dan rasa kaku.


4. Capcaisin

Capcaisin merupakan senyawa yang terkandung dalam cabai, Paprika atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas, Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertantu dalam tubuh yang mana membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak. Di dunia kedokteran capcaisin dapat dimafaatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot atau sendi misalnya, Arthritis, Sakit pinggang, atau keseleo. obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional sakit pinggang dan nyeri saraf.

Demikian penjelasan mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan cara alami untuk mengobati sakit pinggang sebelah kiri yang bisa juga kamu lakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri & Cara Alami Mengatasinya"

Posting Komentar