Pantangan Penyakit Liver Yang Tidak Boleh Kamu Makan


Liver - Setelah jantung, liver atau yang lebih dikenal dengan hati juga memiliki peran yang vital pada tubuh. Saat hati tidak bekerja baik, Kamu akan merasakan tubuh yang lemah, murung, dan kembung. Nah, bila kamu terlanjur mengalami gangguan pada hati, diet macam apa yang sebaiknya kamu lakukan? Mari simak ulasannya yang sudah kamu rangkum berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Hati

Hati memiliki fungsi untuk mengolah dan membuang racun, menyeimbangkan metabolisme, menjaga daya tahan tubuh, tempat penyimpanan zat gizi, hingga produksi sel darah merah. Karena memiliki fungsi yang begitu banyak, penyakit yang menyerang organ hati secara otomatis akan mengganggu fungsi organ tubuh yang lainnya. Penyakit liver sendiri diklasifikasikan menjadi 4 jenis sebagai berikut:
  • Alcoholic liver disease, yakni penyakit pada hati yang terjadi akibat penumpukan lemak akibat konsumsi alkohol yang berlebihan dan berkelanjutan.
  • Non-alcoholic fatty liver disease, yakni mengumpulnya lemak pada hati tetapi disebabkan dari faktor di luar konsumsi alkohol. Penyakit ini umumnya terjadi akibat kelebihan berat badan, kolesterol yang tinggi, serta penyakit gula atau diabetes.
  • Hepatitis, yakni merupakan sebutan bagi hati yang mengalaFmi proses peradangan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hepatitis, tetapi salah satu yang sering terjadi adalah akibat infeksi virus.
  • Sirosis hati, yaitu penyakit yang terjadi ketika bentuk dan struktur hati mengalami perubahan. Sehingga fungsi hati akan mengalami penurunan. Penyakit sirosis hati akan terjadi jika penyakit liver yang tidak ditangani secara langsung dan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.
Diet untuk Penderita Gangguan Hati

Tahukah Kamu? Pola makan yang tidak sehat dapat menjadi faktor utama terjadinya penyakit pada liver lho. Untuk itu, Kamu harus menghindari daftar makanan di bawah ini, apalagi bagi Kamu yang telah terlanjur mengalami gangguan hati.

1. Makanan Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, berpotensi menimbulkan kerusakan pada hati. Konsumsi makanan manis akan membuat lemak menjadi banyak. Lemak tersebut bisa menempel pada hati sehingga menyebabkan fatty liver.

2. Garam

Walaupun tubuh membutuhkan garam untuk pencernaan, sistem saraf, dan keseimbangan elektrolit, konsumsi yang berlebihan justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah terjadi fibrosis, atau tahap pertama dari jaringan parut pada hati.

3. Makanan Berlemak

Panganan junk food dan yang berlemak lainnya memberi pengaruh buruk bagi kesehatan liver. Faktanya, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi jenuh membuat fungsi liver terganggu akibat terjadi peradangan.

4. Alkohol Dan Minuman Bersoda

Alkohol dan minuman yang bersoda dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan. Lebih lanjut, iritasi ini akan merambat ke hati yang menyebabkan sirosis. Akibatnya terjadi penyumbatan pada jaringan hati. Keadaan ini akan semakin parah jika terjadi selama bertahun-tahun.

5. Makanan Yang Diawetkan

Makanan yang dikemas dalam kaleng atau botol termasuk dalam daftar pantangan bagi penderita penyakit liver. Seperti saus dan kornet karena biasanya mengandung natrium yang cukup tinggi.

6. Makanan Berempah

Makanan yang dimasak dengan menggunakan banyak rempah tidak baik untuk liver. Sebab makanan kaya rempah bersifat panas yang dapat melukai dinding hati dan lambung. Untuk itu, hindari bumbu merica, cuka, dan minuman jahe.

Memang banyak sekali makanan yang harus dihindari oleh pasien yang mengalami gangguan hati. Tetapi seleksi makanan dapat membantu pemulihan liver. Jika Kamu merasa pilihan makanan menjadi terbatas dan kesulitan memenuhi nutrisi harian, jangan khawatir.

Kamu dapat konsumsi makanan diet khusus untuk gangguan hati, yakni Hepatosol dan Hepatosol Lola. Hepatosol dan Hepatosol Lola mengandung lemak MCT, yaitu jenis lemak yang mudah dicerna sehingga tidak memperberat kerja hati. Dengan varian rasa cokelat dan vanila, Hepatosol dapat membantu mempercepat pemulihan gangguan hati ringan. Sedangkan Hepatosol Lola hadir dalam varian rasa jeruk untuk penderita gangguan hati berat. Keduanya juga dapat dikonsumsi lewat selang sonde.

Baca Juga : Cara-Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat


Yuk cegah dan jaga hati Kamu dengan diet yang tepat. Kamu bisa mendapatkan produk Hepatosol dan Hepatosol Lola dengan mudah di sini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantangan Penyakit Liver Yang Tidak Boleh Kamu Makan"

Posting Komentar