Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Masalah Kesehatan


Rssehat - Walaupun mirip dengan bawang putih dan bawang putih tunggal memiliki beberapa perbedaan mencolok. Terutama soal bentuknya. Namun, secara garis besar, fungsi dan manfaatnya kurang lebih sama. Yakni sama-sama sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan dan memberi banyak khasiat kesehatan. Bawang putih tunggal sebenarnya mirip dengan bawang putih yang biasa kita temukan di dapur. Hanya saja, bawang ini terdiri dari satu siung. Bawang putih tunggal atau yang juga dikenal sebagai bawang putih lanang ini banyak digunakan untuk mengobati segala masalah kesehatan. Bawang putih tunggal diketahui mempunyai senyawa yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih yang biasa. Yuk, simak manfaat bawang putih tunggal selengkapnya berikut ini


1. Menyembuhkan Flu

Khasiat bawang putih tunggal juga dapat menyembuhkan flu, karena bumbu dapur ini memiliki kandungan yang dapat memperbaiki sistem imun. Diantaranya seperti vitamin C, selenium hingga sulfur. Senyawa ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan flu. Cara menggunakannya untuk dijadikan obat flu adalah cincang bawang putih sampai halus, masukkan ke dalam satu gelas air, aduk sampai merata.


2. Mengurangi Tumbuhnya Jerawat

Bawang putih tunggal memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan serta mencegah timbulnya jerawat. Karena kandungan antioksidannya yang kuat, bawang putih dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang merusak kulit serta memperlambat sembuhnya jerawat.


3. Mencegah Kanker

Sebenarnya belum ada bukti yang kuat bahwa bawang putih dapat melawan kanker, maka masih banyak informasi lainnya yang diperlukan untuk membuktikan hal ini. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan risiko kanker pada perut, mulut, tenggorokan, prostal, hingga ginjal.


4. Mencegah Demensia

Penyakit demensia ditandai dengan penurunan fungsi otak, salah satunya adalah penurunan daya ingat. Tapi tenang saja, bawang putih tunggal bisa mencegah demensia, Kandungan antioksidannya mampu melindungi otak dari sel yang rusak dan menua, sehingga penyakit ini dapat dihindari. 


5. Mengobati Infeksi Pada Paru-Paru

Infeksi pada paru-paru biasanya disebabkan karena bakteri, kuman serta virus pada paru-paru. Bawang putih mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan bawang putih tunggal dengan mengkonsumsinya 2 kali sehari.


6. Meningkatkan Stamina

Saat kamu berolahraga, ada baiknya mengkonsumsi bawang putih tunggal ini. Bawang putih menjadikan jantung dan otot bekerja lebih efektif, sehingga olahraga akan lebih maksimal. Jika kamu tidak sedang berolahraga, bawang putih jenis ini juga punya khasiat, yaitu dapat membuat kamu menjadi produktif dan tidak mudah lelah.


7. Menurunkan Berat Badan

Yang terakhir adalah menurunkan berat badan Peneliti mengungkapkan bahwa gabungan antara aktivitas fisik dan kandungan pada bawang putih dapat menurunkan berat badan lebih maksimal. Zat yang ada pada bawang putih membuat tubuh yang sedang aktif berolahraga menggunakan lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak lagi. Umbi tanaman ini juga dapat memperkecil timbulnya lemak baru.


Demikian beberapa manfaat dari bawang putih tunggal yang bisa mengatasi segala masalah dalam kesehatan, Semoga bermanfaat buat kamu yang mempunyai segala gejala kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Masalah Kesehatan"

Posting Komentar