Cara Paling Mudah Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat


Rssehat - Hidung yang tersumbat adalah masalah yang cukup mengganggu. Sulit untuk bernapas, suara berubah, dan tanpa kamu sadari cairan keluar dari hidungmu. Tidak hanya itu, ketika kamu berusaha mengeluarkannya, hanya sedikit atau bahkan tidak ada cairan yang keluar. Masalah ini sangat umum dan bisa dialami siapa saja. Kebanyakan orang menganggap bahwa hidung bisa tersumbat karena banyaknya cairan di dalam rongga hidung. Namun sebenarnya ini disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus yang membuat cairan tidak bisa keluar Hidungmu tersumbat saat ini ? Atau ada orang terdekatmu yang mengalaminya ? Berikut ini ada beberapa tip atau cara mengatasi hidung tersumbat secara mudah dan tanpa harus menggunakan obat-obatan, sehingga kamu bisa coba metode sederhana ini terlebih dahulu.


1. Menghirup Uap Dari Panas

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas dan menaruhnya di dalam baskom. Tutup kepalamu dengan handuk. Kemudian dekatkan hidungmu ke permukaan air dan hirup uapnya. Efek yang akan kamu dapatkan dari cara ini sama seperti mandi air hangat. Menjaga tubuh terhidrasi adalah cara lain yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya air apa pun bisa membantu tetapi minum air hangat adalah cara yang paling efektif. Dengan menjaga cairan tubuh, tekanan yang ada di area sinus akan berkurang. Kamu bisa mengganti air hangat dengan teh hangat atau sup untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.


2. Menggunakan Bawang Putih

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, bawang putih juga terkenal akan khasiat antibakterinya. Dilansir dari Everyday Health, konsumsi bawang putih setiap hari bisa bekerja sebagai suplemen pencegah flu. Jika kamu tidak bisa memakannya mentah, coba iris beberapa siung bawang putih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Hiruplah uap yang dihasilkannya dengan perlahan. Cara ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat.


3. Mandi Dengan Air Hangat

Cobalah mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang tersumbat. Air harus mengalir dari bagian atas kepalamu agar pembuluh darah rileks. Dengan begitu, cairan di dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Namun efek ini sifatnya sementara. Setelah kamu selesai mandi kamu bisa merasakan hidungmu akan tersumbat lagi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu mandimu untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.


4. Perbanyak Minum Air Hangat

Menjaga tubuh terhidrasi adalah cara yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya air apa pun bisa membantu tetapi minum air hangat adalah cara yang paling efektif. Dengan menjaga cairan tubuh, tekanan yang ada di area sinus akan berkurang. Kamu bisa mengganti air hangat dengan teh hangat atau sup untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.


5. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi inflamasi di bagian hidung. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes di sekitar hidung. Jika kamu merasa tidak nyaman melakukannya, kamu bisa meneteskan minyak ke air yang mendidih dan menghirup uapnya.

Demikian beberapa cara mudah atasi hidung tersumbat tanpa menggunakan Obat alami, Jika tips diatas juga tidak bisa mengatasi gejala yang kamu alami kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter terdekat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Paling Mudah Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat"

Posting Komentar