Cara Paling Ampuh Mengatasi Alergi Dingin


Rssehat - Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab alergi dingin, beberapa di antaranya termasuk berada di ruangan ber-AC, berenang, atau setelah mandi pada pagi hari. Biasanya, kulit yang memiliki alergi terhadap dingin akan menjadi merah dan mengalami gatal-gatal. Namun, gejala alergi dingin pada tiap orang mungkin akan berbeda. Beberapa orang mungkin memunculkan gejala alergi dingin yang cenderung ringan. Sedangkan beberapa lainnya mungkin mengalami syok anafilaktik, seperti penurunan tekanan darah secara drastis, tidak dapat bernapas, hingga pingsan. Lalu apa saja cara mengatasi alergi dingin ? Simak berikut ini penjelasannya


1. Pastikan Tubuh Tetap Bersuhu Normal

Pantangan alergi dingin yaitu suhu dingin di luar. Maka dari itu, kamu harus selalu menyediakan jaket, syal, topi, dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. Kamu juga harus memastikan bahan yang dipakai tidak memicu alergi kulit lebih parah lagi. Begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut supaya tubuh kamu tetap hangat. Alhasil, kamu akan terlindungi dari gatal-gatal.


2. Hindari Pemicunya

Pemicu munculnya alergi dingin atau biduran yang paling umum yaitu, cuaca dingin. Namun, terkadang berada di ruangan ber-AC, berenang atau bahkan mandi pun bisa memicu gejalanya. Kalau sekiranya kamu telah melihat gejala alergi muncul kembali, segera pindah ke tempat yang lebih hangat sampai biduranmu membaik.


3. Gunakan Antihistamin

Mekanisme yang terjadi ketika tubuh mengalami reaksi alergi dingin yaitu, lepasnya histamin dari sel-sel mast yang terdapat pada kulit, jaringan ikat di mulut dan tenggorokan. Dengan mengonsumsi obat antihistamin mampu meredakan biduran atau bentol saat terkena alergi dingin. Sebetulnya, tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin. Dokter biasanya akan meresepkan antihistamin untuk membantu meredakan biduran saat alergi dingin kambuh.

Obat antihistamin yang biasanya diberikan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah cetirizine, loratadine, atau desloratadine. Selain itu, dokter biasanya menganjurkan obat golongan steroid glukokortikoid sesuai dengan tingkat keparahan gejala alergi yang dirasakan. Antihistamin yang merupakan obat bebas dan tidak perlu diresepkan oleh dokter ini tidak menyebabkan kantuk sehingga aman digunakan saat beraktifitas. Jadi, mengapa cara mengatasi alergi dingin dengan obat anti histamin direkomendasikan sebab, dapat menghambat pelepasan histamin.


4. Menggunakan Epinephrine

Jika alergi dingin termasuk kategori yang parah, mudah kambuh dan berisiko fatal, cara mengatasi biduran yaitu dengan menyediakan EpiPen. EpiPen atau suntikan epinefrin ini digunakan sebagai senjata paling ampuh untuk menangkal reaksi alergi dingin yang berlebiha. Namun, pastikan kamu telah mengantongi izin dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang mungkin saja bisa timbul.


5. Jangan Berenang Di Dalam Air Dingin

Berenang di air dingin merupakan salah satu penyebab paling umum yang memicu alergi dingin. Apalagi ditambah dengan kondisi yang berangin. Reaksi tubuh terhadap dingin ini bisa menyebabkan pelepasan histamin besar-besaran dari sel kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan turunnya tekanan darah, pusing, kehilangan kesadaran dan bahkan tenggelam saat berada di dalam air. Jika kamu pernah mengalami alergi dingin sebelumnya, hindari berenang di saat cuaca dingin. Gejala urtikaria dingin bisanya muncul antara 5 sampai 30 menit setelah terpapar suhu dingin dan gejala itu akan berlangsung selama 48 jam kemudian.


6.  Mandi Menggunakan Air Hangat

Sudah disebutkan pada poin di atas bahwa seseorang yang sedang terkena alergi dingin tidak boleh makan dan minum dingin. Hal ini pun berarti tidak memperbolehkan kamu untuk mandi dengan air dingin. Gunakan air hangat untuk mencegah biduran datang kembali.


7. Hindari Minuman Dingin

Aktivitas lain yang dapat memicu urtikaria dingin adalah memegang atau memakan makanan dan minuman dingin. Minuman dingin yang mengandung es dapat memicu ruam dan bentol pada kulit yang sensitif. Memakan makan dingin juga bisa menyebabkan gejala yang sama muncul pada bibir, lidah, tenggorokan, dan kerongkongan. Hal ini bisa sangat berbahaya jika alergi dingin menyebabkan pembengkakan pada jalur nafas dan tenggorokan yang menyebabkan kesulitan bernafas dan kemungkinan tersedak. Jadi, cara mengatasi alergi dingin yang aman sebaiknya hindari dulu makanan dan minuman dengan tema dingin.



Itulah 7 cara paling ampuh untuk mengatasi alergi dingin , nah buat kamu yang mempunyai gejala seperti ini bisa kamu lakukan jika tidak sembuh juga sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Paling Ampuh Mengatasi Alergi Dingin"

Posting Komentar