Cara Mengobati Iritasi Pada Kulit


Rssehat - Kulit iritasi biasanya ditandai dengan ruam kemerahan, kering bersisik, disertai rasa gatal atau perih pada kulit. Jika diabaikan, iritasi bisa berujung pada masalah kulit yang lebih buruk. Penyebab iritasi kulit bisa beragam. Seperti hawa panas yang menyebabkan biang keringat, alergi pada makanan tertentu, bahan pakaian yang tidak menyerap, bahan nikel dari perhiasan, parfum dan produk kecantikan, hingga gigitan serangga. Meski sering muncul tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, bukan berarti menunda untuk mengobati iritasi kulit.
Jika iritasi kulit sudah parah dan mengganggu, harus mengandalkan penanganan dokter. Namun untuk pertolongan pertama, berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati kulit iritasi.


1. Sering Mencuci Sprei Atau Sarung Bantal

Lagi-lagi, kebersihan menjadi pangkal kesehatan. Sprei dan sarung bantal merupakan sarang bakteri dan tempat menempelnya kotoran minyak dari wajah. Bakteri yang bersarang pada alas tidur yang jarang diganti dapat menyebabkan iritasi dan penyakit kulit. Oleh sebab itu, rutinlah mengganti alas tidur dan sarung bantal 1-2 minggu sekali tanpa harus menunggu kulit gatal-gatal.


2. Menjaga Asupan Makanan

Asupan nutrisi memengaruhi kesehatan tubuh luar dan dalam, tak terkecuali pada kulit. Melansir Vogue India, mengurangi makanan pedas, cokelat, dan kopi merupakan salah satu cara mengatasi iritasi kulit. Lebih baik perbanyak konsumsi air kelapa, melon, timun, dan biji-bijian. Selain itu, alkohol juga memicu kulit kering, gatal-gatal, dan ruam kemerahan. Kulit gatal-gatal adalah salah satu reaksi alergi terhadap alkohol. Nah, jika sering mengonsumsi minuman beralkohol dan mengalami iritasi pada kulit, cobalah berhenti mengonsumsinya.


3. Oleskan Lidah buaya

Bahan herbal ampuh mengatasi iritasi akibat alergi. Bahan dari tumbuhan seperti lidah buaya, ekstrak daun kesemek, atau ketumbar bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama ala rumahan. Gel lidah buaya memiliki kandungan terbaik yang mampu meredakan gatal dan memberikan sensasi tenang pada segala masalah iritasi kulit.


4. Mengompres Dengan Es

Langkah ini cocok untuk iritasi kulit berupa ruam kemerahan yang disertai gatal, biasanya disebabkan oleh paparan bahan kimia tertentu, material pakaian, suhu panas atau dingin, makanan, atau bahan apa pun yang menyebabkan alergi. Untuk mengatasinya, kompres kulit menggunakan es yang dibalut dengan kain. Selain meredakan gatal, kompres es memberikan sensasi dingin yang menenangkan.


5. Masker Oatmeal

Oatmeal atau havermut dapat mengobati iritasi pada kulit. Melansir Healthline, havermut mengandung antioksidan dan zat anti-inflamasi yang mampu meredakan gatal dan iritasi kulit, seperti akibat alergi, cacar, dan bekas terbakar sinar matahari. Campurkan oatmeal dengan air dan aplikasikan langsung pada permukaan kulit yang iritasi. Bisa juga dicampurkan dengan sedikit minyak kelapa agar terasa lebih nyaman di kulit.

Sebelum mencoba, kenali terlebih dahulu tipe kulit serta gejala iritasi kulitmu. Jangan sampai salah ambil langkah pertolongan pertama pada kulit iritasi yang justru bisa memperparah kondisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Iritasi Pada Kulit"

Posting Komentar