Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah


Rssehat - Sembelit adalah kondisi ketika kamu kesulitan untuk bisa buang air besar (BAB). Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sembelit juga bisa mengakibatkan komplikasi sistem pencernaan. Lalu, bagaimana cara mengatasi sembelit. Setelah mengetahui penyebab sembelit secara singkat, kini saatnya kamu mengetahui apa saja cara mengatasi sembelit. Tidak sulit, kok. Melepaskan diri dari masalah pencernaan yang satu ini sebetulnya lebih banyak ke perubahan gaya hidup. Berikut adalah cara mengatasi sembelit yang bisa lamu lakukan sendiri di rumah.


1. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Kekurangan serat adalah penyebab utama sembelit yang kamu alami. Inilah mengapa mengonsumsi makanan kaya serat menjadi penting apabila tidak ingin mengalami gangguan pencernaan tersebut. Makanan berserat (serat larut) berfungsi untuk membantu usus berkontraksi sehingga feses lebih mudah turun ke rektum. Pun, serat membuat tekstur feses menjadi lunak sehingga mudah bergerak.

Mulai dari sekarang, perbanyaklah konsumsi makanan berserat sebagai cara mengatasi sembelit, pun langkah pencegahan terhadap penyakit ini. Beberapa contoh makanan berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi sehari-hari antara lain:
  • Buah (apel, jeruk, pepaya, alpukat)
  • Sayuran (bayam, brokoli)
  • Oatmeal
  • Sereal gandum
  • Kacang-kacangan
Khusus kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang buncis. Keduanya mengandung  serat tidak larut sehingga pemanfaatannya hanya untuk mencegah sembelit, buka mengatasinya. Jadi, Kamu yang sudah telanjur mengalami sembelit tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis kacang-kacangan tersebut, pun dengan makanan mengandung serat tidak larut lainnya seperti kentang dan kembang kol.

2. Mengonsumsi Suplemen Mengandung Serat

Selain makanan, Kamu juga bisa menambah asupan serat ke dalam tubuh melalui suplemen yang mengandung serat sebagai cara mengatasi sembelit. Sama seperti makanan, fungsi suplemen mengandung serat adalah untuk mempermudah pergerakan usus dalam mencerna makanan. Suplemen juga berperan dalam melunakkan feses sehingga dapat menuju rektum dengan lancar.

Contoh suplemen yang mengandung serat antara lain:
  • Psyllium
  • Calcium polycarvophil
  • Methylcellulose
Kendati suplemen-suplemen tersebut tergolong obat bebas, hendaknya perhatikan baik-baik cara menggunakannya. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu mengenai penggunaan suplemen yang tepat.

3. Probiotik

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan maupun minuman probiotik. Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab sembelit adalah tidak seimbangnya jumlah bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus (jumlah bakteri jahat lebih banyak). Padahal, bakteri baik sangat diperlukan oleh usus agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat dari probiotik tak lain adalah untuk meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus sehingga usus bisa mengemban tugasnya dengan baik dan terhindari dari pelbagai masalah kesehatan seperti sembelit ini. Bahkan, efektivitas probiotik untuk mengatasi sembelit sudah dibuktikan oleh sejumlah studi yang dirilis oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2014.

Studi tersebut mengungkapkan bahwasanya probiotik efektif untuk memperlancar proses pencernaan makanan dari mulai masuk hingga dikeluarkan dalam bentuk feses. Salah satu makanan probiotik yang disarankan adalah yogurt yang mengandung bakteri baik bernama Bifidobacterium.

4. Prebiotik

Tak hanya probiotik, cara mengatasi sembelit bisa dimaksimalkan dengan turut mengonsumsi makanan dan minuman prebiotik. Manfaat prebiotik kurang lebih sama dengan probiotik, yakni untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga fungsi dari organ pencernaan terjaga dengan baik.

Makanan prebiotik seperti buah pisang juga mengandung serat galacto-oligosaccharides. Menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh Scandivanian Journal of Food Nutrition pada tahun 2007, serat ini dinilai dapat menghasilkan tekstur feses yang lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

5. Banyak Minum Air Putih

Di samping kurangnya asupan serat, kurangnya cairan di dalam tubuh juga menjadi penyebab sembelit yang paling utama. Oleh sebab itu, mengonsumsi air putih yang banyak menjadi cara mengatasi sembelit.

Air putih, selain mencegah kamu dari yang namanya dehidrasi, juga berfungsi untuk membantu pergerakan usus agar lebih mudah mencerna makanan dan mengolah feses. Tak hanya itu, asupan air putih yang cukup mencegah usus besar menyerap banyak cairan dari sisa makanan yang mana hal tersebut menyebabkan feses menjadi kering dank eras.

Konsumsi air putih idealnya 8 gelas dalam sehari. Namun kamu bisa menambah kuantitasnya untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal. Kamu juga bisa menggunakan air soda tawar (bukan soft drink) sebagai cara mengatasi sembelit.

6. Menghindari FODMAP

Apa itu FODMAP? FODMAP adalah singkatan dari Fermentable oligo, disakarida, monosakarida, dan poliol. Empat nama tersebut merupakan jenis karbohidrat yang menyebabkan iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS). IBS adalah masalah pada usus yang salah satunya ditandai oleh gejala sembelit.

Apabila sembelit yang kamu alami merupakan dampak dari IBS, maka cara mengatasi sembelit yang harus dilakukan adalah dengan menghindari—atau setidaknya mengurangi—konsumsi makanan FODMAP seperti:
  • Daging merah (sapi, babi, domba)
  • Daging ayam
  • Telur
  • Udang
  • Jagung
  • Tauge
  • tomat
  • Paprika
  • Terong
  • Teh hijau
  • Kacang almond
  • Buah-buahan kering
  • Madu
  • Es krim
  • Bawang merah dan bawang putih
Menghindari makanan-makanan tersebut diharapkan mempercepat proses penyembuhan IBS berikut gejala sembelit yang kamu alami.

7. Menghindari Laktosa

Sembelit juga rentan dialami oleh mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Susu beserta produk olahannya mengandung laktosa sehingga bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa sebaiknya kurangi konsumsi susu karena ini merupakan cara mengatasi sembelit yang paling utama. Pada pengidap intoleransi laktosa, mengonsumsi susu maupun produk olahan susu dalam jumlah banyak diklaim dapat menghambat pergerakan usus. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi atau hindari sama sekali konsumsi susu untuk sementara waktu sampai sembelit sembuh.

Itu dia 7 informasi mengenai cara mengatasi sembelit yang perlu kamu ketahui. Perlu disampaikan, penggunaan bahan-bahan alami dalam mengobati sembelit belum bisa sepenuhnya dibenarkan oleh karena bukti ilmiah yang mendukung masih terbatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mudah"

Posting Komentar