Cara-Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat


Jerawat Batu - Bukan hanya bentuknya yang besar, jerawat batu dan meradang ini juga disertai rasa nyeri yang teramat sangat. Untuk itu, berikut ini adalah cara mengempeskan jerawat batu dan meradang dalam 1 malam. Masalah jerawat memang selalu menjengkelkan. Kemunculan dan kepergiannya sangat sulit diprediksi atau bahkan dicegah. Apalagi jika itu berkaitan dengan jerawat batu dan jerawat meradang. Bukan hanya bentuknya yang besar tapi juga rasa sakit yang teramat apabila jerawat  tersebut tersentuh atau dipencet. Belum lagi dengan bentuk yang besar dan mencolok, kedua jerawat ini tentu akan sangat mempengaruhi penampilanmu.

Jika permasalahan ini yang sedang kamu hadapi saat ini, segera tangani sesegera mungkin dengan metode yang baik dan benar. Sebagai solusinya, berikut ini adalah beberapa cara mengempeskan jerawat batu dan jerawat meradang dalam 1 malam. Perhatikan secara detail setiap langkah dari cara mengempeskan jerawat batu dan jerawat meradang ini, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penggunaanya.


Cara Mengempeskan Jerawat Batu
Siapa yang tidak pernah mengalami masalah jerawat yang satu ini. Bentuknya yang besar, rasa sakit dan gatal, belum lagi potensi membekas apabila Kamu memencet atau terpencet hingga pecah. Berikut adalah beberapa cara mengempeskan jerawat batu, diantaranya:


1. Sari Lemon

Cara mengempeskan jerawat batu yang pertama adalah dengan sari lemon. Kandungan disinfektan alami di dalam sari lemon dapat meyembuhkan infeksi di kulit. Asam alami sari lemon dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Cara mengempeskan jerawat batu dengan menggunakan cairan lemon adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan wajah dengan facial wash.
  • Peras lemon dan tambahkan sedikit air agar wajah tidak terasa perih.
  • Oleskan pada jerawat.
  • Diamkan selama semalam.
  • Bilas wajah keesokan paginya.
Apabila kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam penggunaanya atau kamu bisa tambahkan air secukupnya untuk mengurangi tingkat keasamannya.


2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri. Cara mengempeskan jerawat batu dengan teh hijau adalah sebagai berikut:
  • Rebus daun teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  • Setelah rebusan dingin, oleskan air tersebut ke wajah menggunakan kapas.
  • Biarkan selama 10 menit atau bisa semalam.
  • Kemudian bilas wajah dengan air.
  • Oleskan larutan teh hijau ini 1-2 kali per hari sesuai kebutuhan.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan yang diekstrak dari pohon Melaleuca alternifolia yang berasal dari Amerika. Minyak ini terkenal dengan khasiatnya melawan bakteri dan mengurangi inflamasi.
Cara mengempeskan jerawat batu dengan tea tree oil adalah sebagai berikut:
  • Campurkan tea tree oil dengan air (perbandingan 1:9)
  • Celupkan cotton bud pada campuran tadi lalu oleskan pada jerawat
  • Diamkan selama 30 menit, lalu dibilas dengan air bersih
  • Ulangi proses ini dua kali sehari, sesuai kebutuhan

4. Madu

Madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus melembabkan kulit Kamu. Selain itu madu juga berkhasiat membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga minyak dan kotoran hilang dari pori-pori. Ingat, untuk selalu menggunakan madu yang alami dan belum diproses, karena madu yang sudah diproses sudah kehilangan hampir seluruh vitaminnya. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal dioleskan pada daerah berjerawat batu, diamkan sekitar 30 menit lalu dibilas dengan air bersih.

Mengurangi konsumsi Gula, Minyak dan Pedas
Seperti yang kita semua tahu, jerawat batu ini banyak muncul karena pengaruh dari hormon di dalam tubuh Anda. Untuk itu, mengobatinya dari dalam bisa jadi jauh lebih efektif daripada mengatasinya dari luar. Cobalah untuk mengurangi asupan gula dengan tidak dulu mengonsumsi minuman dan makanan manis, juga mengurangi konsumsi tepung atau nasi. Selain itu kurangi juga asupan minyak dan makanan pedas, lalu perbanyak konsum buah dan sayur.

Cara Mengempeskan Jerawat Dalam 1 Malam
Seringkali jerawat datang di waktu yang tidak disangka-sangka atau bahkan tidak diinginkan. Sehingga cara menghilangkannya dengan cepat menjadi penting untuk diketahui dan dipahami. Untuk itu, berikut ini adalah cara mengempeskan jerawat dalam 1 malam yang bisa Kamu coba di rumah.


1. Kompres Es Batu

Cara mengempeskan jerawat dalam 1 malam yang pertama adalah dengan mengompres dengan es batu. Kompres es batu adalah cara tercepat untuk menghilangkan jerawat meradang. Setelahnya, diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Kamu tidak menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bekas luka di bagian tersebut.


2. Toner Cuka Apel

Toner cuka apel adalah cuka apel yang telah diencerkan sehingga mengurangi kekuatan aromanya. Cuka apel sendiri memiliki kandungan asam malat dan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Bahan-bahan ini adalah berkhasiat sebagai antibacterial agent dan juga bisa menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Cara mengempeskan jerawat dalam 1 malam dengan menggunakan cuka apel juga sangat mudah. Anda tinggal mengoleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.


3. Pasta Gigi

Kamu pasti sudah tidak asing dengan cara yang satu ini, bukan? Pasta gigi bisa cepat menghilangkan jerawat dan membantu mengeringkannya. Namun, jangan gunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Dua bahan ini dapat membuat kulit rentan iritasi, jauh lebih parah lagi bisa menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih banyak lagi. Berikut adalah cara mengempeskan jerawat dalam waktu 1 malam dengan menggunakan pasta gigi:
  • Siapkan pasta gigi herbal atau berbahan organik
  • Ambil sedikit dan oleskan pada bekas jerawat
  • unakan saat malam hari sebelum tidur
  • Bilas dengan air bersih di pagi harinya

4. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan antivirus, anti jamur, antiseptik dan antioksidan yang ampuh mengatasi banyak masalah kesehatan, termasuk jerawat. Kadar sulfurnya juga bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat. Untuk mengolahnya Kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut:
  • Ambil satu siung bawang putih lalu belah dua
  • Oleskan bagian yang terpotong ke atas jerawat
  • Biarkan lima menit lalu bilas dengan air hangat
  • Ulangi tiap beberapa jam
Bawang putih bisa jadi cukup keras untuk Anda yang berkulit sensitif, apabila terjadi gejala alergi segera hentikan pemakaiannya.


5. Pakai Aspirin

Aspirin bukan hanya mengobati sakit kepala, tapi juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengelupaskan sel kulit mati dan mengurangi peradangan pada jerawat di wajah Kamu. Agar cepat menghilangkan jerawat, cara pakai aspirin adalah sebagai berikut:
  • Belahnya menjadi dua dan gerus sampai menjadi bubuk
  • Larutkan dengan 1-2 tetes air bersih sampai jadi pasta
  • Oleskan pada jerawat
  • Tempel plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih
Cara Mengempeskan Jerawat Yang Meradang
Jerawat meradang adalah kondisi dimana jerawat menjadi kemerahan, mengalami luka, terinfeksi dan meradang yang disebabkan karena kebiasaan memencet jerawat dengan tangan yang tidak bersih, alat yang tidak steril. Jerawat meradang sebenarnya bisa dihindari dengan cara menjaga kebersihan dan tidak sembarangan ketika mengatasi jerawat. Namun jika jerawat di wajah sudah terlanjur meradang, maka cobalah beberapa obat di bawah ini untuk mengatasinya. Di antaranya:

Retinoid
Untuk mengurangi radang sekaligus mengobati jerawat, Anda bisa mencoba menggunakan retinoid oles. Namun, obat ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan pemilik kulit sensitif.Obat ini tersedia dalam bentuk gel, salep, atau krim yang dapat diperoleh sesuai dengan resep dokter. Cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan retinoid adalah dengan mencuci bersih wajah Anda, keringkan, lalu oleskan retinoid di seluruh wajah. Hindari paparan sinar matahari saat menggunakan obat ini.

Antibiotik
Jerawat meradang seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena itu, pengobatannya bisa menggunakan antibiotik. Pilihannya bisa berupa antibiotik salep, ataupun tablet antibiotik yang diminum. Namun untuk menggunakannya dengan tepat, antibiotik perlu digunakan sesuai resep dokter.

Sulfur
Meski memiliki bau yang menyengat, sulfur termasuk bahan yang cukup ampuh dalam menghilangkan jerawat meradang. Sulfur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi minyak di wajah, dan meredakan peradangan pada jerawat. cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan sulfur bisa Kamu lakukan dengan membeli produk-produk sabun dengan kandungan sulfur.

Asam Salisilat
Asam salisilat memiliki efek yang mirip dengan sulfur. Beberapa produk perawatan wajah yang dijual bebas biasanya mengandung asam salisilat 0,5 hingga 2 persen. Asam salisilat ini dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari timbunan sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Bahan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, efek sampingnya dapat membuat kulit kering dan iritasi.

Zinc
Seperti halnya dengan tea tree oil dan sulfur, zinc juga dapat membantu dalam mengurangi produksi minyak di wajah. Selain itu, kandungan zinc di dalam obat jerawat juga dapat melindungi kulit terhadap peradangan dan infeksi bakteri. Selain dalam bentuk krim atau losion, zinc juga tersedia dalam bentuk suplemen. Tapi ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena asupan zinc yang melewati batas justru bisa membuat penyerapan copper (mineral tembaga) terganggu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi lebih dari 30 mg suplemen zinc per harinya.

Vitamin A
Cara Menggempeskan jerawat yang meradang juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi vitamin A, atau memakai salep yang mengandung vitamin A. Namun, dalam mengonsumsi vitamin A juga perlu diperhatikan agar tidak melebihi 10.000 IU dalam sehari. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A yang larut dalam lemak dapat menumpuk dan menjadi racun bagi tubuh kamu.

Baca Juga : Pantangan Penyakit Liver Yang Tidak Boleh Kamu Makan


Jika lamu tidak ingin memiliki jerawat meradang, jangan asal memencet jerawat dan jagalah kebersihan wajah setiap harinya. Untuk jerawat meradang yang berat, Anda perlu berkonsultasi ke dokter kulit agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat"

Posting Komentar