Cara Ampuh Mengobati Infeksi Pada Saluran Kemih


Rssehat - Rasa sakit dan panas saat membuang air kecil, terkadang disertai darah dan yang pastinya tentu sangat menyakitkan. Jika mengalami gejala-gejala ini, Kamu mungkin sedang terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri dari luar tubuh masuk ke saluran kemih dan memengaruhi ginjal, kandung kemih, atau uretra. ISK lebih sering dialami oleh wanita. Ginekolog dan pemilik Pusat Kesehatan dan Kebugaran Wanita di Georgia Tami Prince mengatakan perawatan ISK yang umum adalah pemberian antibiotik. Namun ada pencegahan dan pengobatan alami ISK yang dapat dilakukan di rumah, seperti dimuat dari Readers Digest


1. Membuang Air Kecil Usai Berhubungan Sex

Cara Ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling penting untuk pencegahan ISK. Setelah seks, Dr Prince merekomendasikan untuk segera  berkemih dan mandi. Gunanya untuk membuang bakteri yang mungkin memasuki uretra. Selain itu, buang air kecil secara teratur setiap dua sampai tiga jam atau ketika merasa dorongan untuk berkemih. Karena menahan air seni dalam waktu lama akan menyebabkan penumpukan bakteri dan meningkatkan risiko ISK.


2. Jangan Mandi Berendam Usai Berhubungan Seks

Zat kimia dalam garam dan gel mandi dapat mengiritasi uretra dan membuatnya rentan terhadap infeksi. Hindari juga bahan kimia atau parfum dalam semprotan produk pembasuh wanita, tisu toilet beraroma, dan deodoran. Ini dapat mengganggu keseimbangan pH normal di vagina dan meningkatkan risiko infeksi bakteri berbahaya.


3. Tetap Terhidrasi

Air minum juga membantu menghilangkan bakteri, sehingga penting untuk tetap terhidrasi selama terkena ISK. Hidrasi juga membantu membersihkan ginjal dan kandung kemih. Bila asupan umum air minum sebanyak delapan gelas per hari, tingkatkan jumlahnya jika mengalami ISK


4. Hindari Alkohol Dan Kafein

Alkohol Dan Kafein mengiritasi kandung kemih yang dapat memperburuk ISK. Selain itu perhatikan pula kandungan kafein dalam soda, minuman berenergi, kopi dan teh. Lebih baik minum air putih atau salah satu minuman berikut.


5. Minum Teh Hijau

Minum dua atau tiga cangkir teh hijau setiap hari, sebab studi menunjukkan teh hijau memiliki efek antimikroba pada bakteri escherichia coli (e-coli) penyebab ISK. Teh hijau juga mengandung antioksidan tertentu yang dapat mengurangi peradangan kandung kemih.


6. Minum Jus Cranberry

Jus cranberry merupakan salah satu pengobatan rumah paling populer untuk pencegahan ISK. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus atau pil cranberry mengurangi risiko ISK sebanyak 28%. Kemungkinan berkat bahan aktif dalam cranberry yang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih.


7. Minum Vitamin C Ekstra

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemen vitamin C dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan karena membuat urin tetap asam. Wanita berusia 19 tahun ke atas disarankan mengonsumsi 75 mg vitamin C per hari.  Sebuah studi menemukan 100 mg vitamin C setiap hari sangat berguna untuk mencegah ISK.


8. Lakukan Seks Dengan Lebih Higienis

Semakin bersih kamu dan pasangan semakin kecil risiko terpapar ISK. Sebaiknya hindari air liur yang berlebihan, spermisida, dan pelumas. Saat hubungan seks, pastikan segala sesuatu yang bersentuhan dengan area genital bersih.


9. Segera Menggantianti Pakaian Basah

Lingkungan yang hangat dan lembap menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya. Selalu ganti pakaian renang yang basah atau pakaian olahraga yang berkeringat sesegera mungkin. Jika kamu sering mengalami ISK, tetap gunakan celana dalam katun yang longgar yang tidak memungkinkan terjadinya keringat berlebih dan bakteri yang menumpuk.


10. Hindari Produk Invasif Yang Tidak Perlu

Wanita yang rentan terhadap ISK harus menghindari penggunaan diafragma, spons vagina, cangkir diva, atau mainan seks. "Benda asing ini dapat mengganggu keseimbangan pH normal di vagina dan menarik bakteri yang tidak diinginkan," kata Ross.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat


Demikian cara ampuh untuk mengobati infeksi pada saluran kemih, Jika kamu mempunyai gejala seperti ini dan tidak sembuh juga kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter terdekat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengobati Infeksi Pada Saluran Kemih"

Posting Komentar