7 Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Cara Alami


Rssehat - Jika kamu sakit lebih pilih langsung pergi ke dokter atau di rumah saja sambil membuat obat herbal sendiri? Agar kamu terhindar dari obat-obat dokter yang pastinya punya dosis tinggi, Disini kamu sudah merangkum beberapa jenis obat herbal untuk pinggang. Yuk simak terus penjelasannya. Seseorang yang sering mengalami nyeri pinggang biasanya mereka terlalu memforsir tenaga atau fisiknya. Orang-orang yang sudah lanjut usia juga rawan terhadap keluhan ini. Lantas, obat seperti apa yang kamu butuhkan? Beralihlah pada obat herbal yang bisa kamu buat di rumah sendiri. Simak berikut beberapa rekomendasi obat herbal untuk pinggang di bawah ini.


Obat Herbal Untuk Sakit Pinggang

1. Ramuan Jagung

Jagung ternyata memiliki khasiat tersembunyi sebagai pereda pinggang. Ambil rambut jagung kemudian cuci hingga bersih. Siapkan pula jahe merah, adas, dan buah takokak. Buah takokak biasanya disebut dengan terung pipit karena buah ini masih tergolong ke dalam terung-terungan. Jangan lupa tambahkan air sebanyak satu liter kemudian rebus hingga mendidih sampai airnya menjadi setengah. Minumlah obat herbal dari jagung ini selagi hangat ya, 


2. Ramuan Bawang Merah

Obat herbal selanjutnya bisa menggunakan akar bawang merah, jahe merah, dan buah sun boi an ango atau kurma cina. Obat herbal untuk sakit pinggang ini harus kamu rebus terlebih dahulu dengan air sampai mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan mujarab tersebut selagi hangat. Rasakan sakit pinggangmu yang makin lama semakin reda.


3.  Racikan Obat Asam Jawa

Obat herbal pertama untuk sakit pinggang adalah bisa menggunakan asam jawa. Ramuan asam jawa ini dapat mengurangi nyeri pada pinggangmu. Siapkan asam jawa dam 4-8 rimpang umbi halia. Rimpang umbi halia ini masih dalam keluarga jahe dan juga temulawak. Pertama-tama, cuci bersih umbi halia lalu haluskan dengan cara diparut. Setelah itu, masukkan asam jawa secukupnya. Aduk sampai merata dan oleskan pada bagian tubuh atau pinggang kamu yang terasa sakit.


4. Ramuan Jahe

Selanjutnya, siapkan jahe yang telah dicuci bersih serta diiris tipis. Siapkan pula alkohol 75 persen dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Kemudian, obat herbal untuk sakit pinggang ini dapat kamu campurkan semua bahannya serta jangan lupa untuk merfermentasikannya selama dua minggu. Setelah dua minggu, gunakan ramuan atau obat herbal untuk sakit pada bagian pinggang.


5. Ramuan Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal, Ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar kemudian, cuci sampai bersih. Lalu, tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Konsumsilah air daun sirsak yang sudah direbus sebanayak ¾ gelas setiap harinya untuk mengobati sakit pinggang yang sedang kamu derita.


6. Daun Kumis Kucing

Pasti kamu pernah mendengar tanaman kumis kucing? Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dalam hal ini, tanaman kumis kucing dipercaya mampu menyembuhkan sakit pinggang yang mungkin sering kamu alami. Itu karena tanaman kumis kucing mengandung zat kimia seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak, dan kalium. Untuk mendapatkan khasiatnya, tanaman kumis kucing dapat diolah menjadi ramuan herbal yang manjur. Caranya, rebuslah akar dan daun tanaman kumis kucing yang sudah dicuci bersih. Biarkan air rebusan tersebut sampai mendidih. Setelah itu, diamkan selama satu malam dan minumlah pada keesokan harinya.


7. Bawang Putih

Nyeri pinggang dapat mereda dengan konsumsi bawang putih karena di dalamnya mengandung vitamin, kalsium, dan mineral. Cara meredakan sakit pinggang dengan bawang putih cukup mudah. Pertama, campurkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah, dan larutan alkohol 75%. Rendamlah semua campuran itu dan biarkan selama dua minggu. Setelah dua minggu, ramuan tersebut dapat digunakan sebagai obat oles untuk nyeri pinggang.

Kamu juga bisa langsung membalurkan beberapa siung bawang putih yang telah dihancurkan ke bagian pinggang yang sakit. Selesai dibalur, tutuplah dengan kain atau kompres bersih. Diamkan beberapa jam, lalu bilaslah dengan air hangat. Ramuan bawang putih dengan tambahan minyak kayu putih dan jahe juga dipercaya efektif mengatasi sakit pinggang.

Itulah beberapa penjelasn mengenai Gejala sakit pinggang, Buat kamu yang mempunyai gejala ini juga bisa kamu lakukan, Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengobati Sakit Pinggang Dengan Cara Alami"

Posting Komentar