5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja Di Kantor


Rssehat - Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelumn menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri kamu ketika bekerja sebaiknya segera lakukan 10 cara menghilangkan kantuk saat kerja berikut ini. Seperti apakah ulasannya? Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!


1. Mendengarkan Musik

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif. Selain memilih lagu yang berirama semangat, Kamu pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa kamu putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja kamu.

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling kamu tidak merasa terganggu. Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk kamu yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang kamu sedang mengantuk ataupun ketika mood kamu sedang tidak bersahabat.


2. Berjalan Di Sekitar Kantor

Cara efektif berikutnya untuk menghilangkan rasa kantuk saat kerja adalah dengan berjalan-jalan di sekitar kantor. Jika ruang kerja kamu berada di atas, tak ada salahnya untuk jalan-jalan sejenak mengunjungi rekan-rekan kamu yang berada di ruangan bawah. Begitu pun sebaliknya, jika kamu berada di ruangan bawah bisa jalan-jalan sejenak ke ruangan atas ataupun berjalan-jalan ke roftop tempat kamu bekerja jika memang ada.

Dengan melakukan “gerakan” jalan tersebut membantu kamu untuk menambah energi dan kesegaran yang baru. Dan yang terpenting bisa menghilangkan rasa kantuk yang berkepanjangan. Selain berjalan-jalan, tak ada salahnya untuk mampir sebentar ke ruang recepsionis untuk duduk di kursi tamu sambil membaca koran. Ataupun jika di kantor kamu memiliki taman, ada baiknya untuk melihat-lihat taman dan juga tanaman di sekelilingi kamu. Hal ini sangat berguna untuk mengistirahatkan sejenak mata kamu dari layar komputer.


3. Cuci Muka

Cara berikutnya tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Karena dengan aktivitas mencuci muka ketika mengantuk ini tidak hanya berlaku untuk para karyawan melainkan untuk para siswa- atau mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Tentunya, tidak ada salahnya bila rasa kantuk mendera kamu segera pergi ke toliet untuk mencuci muka. Ketika kamu mencuci muka sebaiknya gunakanlah air dingin karena akan memberikan kesegaran yang baru untuk wajah kamu.

Jika kamu seorang muslim, ada baiknya pula untuk berwudhu karena bisa menyegarkan seulurh anggota tubuh sehingga meningkatkan kembali mood kamu. Resiko ketika mencuci muka tentunya make up yang kamu pakai akan sedikit luntur, maka tak ada salahnya untuk kembali merapihkan make up kamu. Dengan begitu,  selain rasa kantuk yang hilang kamu pun kembali terlihat “segar” kembali.


4. Ngobrol Dengan Teman Kerja

Jika rasa kantuk saat kerja sudah mendera maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengobrol dengan teman kerja kamu. Namun, untuk mengobrol dengan teman kerja ini sebaiknya carilah teman yang memang sedang tidak sibuk. Serta jangan terlalu lama untuk mengobrol jika tidak ingin atasan kamu menegur.

Dengan melakukan aktivitas mengobrol ini bisa membuat pikiran kamu kembali lebih segar. Dan barangkali dari oborolan tersebut bisa mendatangkan rezeki atau “keberuntungan” lain yang tidak disangka-sangka. Dan yang terpenting selain bisa mengusir rasa kantuk, kamu pun bisa menjalin keakraban dengan teman kantor sesama divisi atau berbeda divisi.


5. Tidur Siang

Jika cara diatsa sama sekali tidak ada pengaruh maka tidak ada pilihan lain lagi selain tidur siang selama 20-30 Menit ditempat kerja, Yang tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah kamu tidak bisa terlentang ataupun tengkurap Untuk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tidak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja kamu. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur kamu ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling kamu tidak terganggu dan setelahnya kamu bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Jadi Hanya itu saja 5 cara untuk menghilangkan kantuk saat kamu di dalam kantor atau sedang aktifitas lainnya, bisa kamu coba cara diatas semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang dalam aktifitas bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja Di Kantor"

Posting Komentar