Cara Menyembuhkan Mata Bintitan, Gejala Dan Penyebab


Rssehat - Mata Bintitan tentu saja sangat menggangu aktivitas kamu, Gejala seperti ini juga membuat penampilan kamu berkurang dan tidak percaya diri, Mata bintilan sering dijadikan bahan canda tawa oleh sebagian orang karena dianggap sebagai ciri orang yang suka mengintip. Bentuk dari mata bintitan sendiri seperti ada benjolan di bagian mata yang tidak nyaman dan menganggu. Umumnya, mata bintitan ini timbul karena kita kurang menjaga kebersihan mata, seperti jarang membasuhnya, sering mengucek dengan tangan kotor, dan sebagainya.

Meskipun penyakit ini tidak berbahaya dan menular, mata bintitan sangat mengganggu pada penglihatan. Untuk itu, para penderita bintitan sebaiknya mengetahui gejala dan penyebabnya agar bisa memulihkan dan mencegahnya terjadi lagi.

Saat Anda mengalami mata bintitan, Kamu seharusnya tidak mengucek ataupun memencet mata kamu agar tidak menjadi lebih parah. Mata bintitan hanyalah salah satu penyakit yang biasa diderita oleh mata dan dapat menyerang siapa saja, dan banyak cara untuk bisa menyembuhkannya.

Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai penyebab, gejala, serta cara mengobatinya, kali ini kamiakan mengulasnya secara lengkap untuk kamu. Obat mata bintitan yang akan diulas di sini merupakan resep alami sehingga tidak akan mengandung bahan kimia.


Penyebab Mata Bintitan

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan sensitif dari pengaruh lingkungan sekitar dan seringkali mata juga mengalami ketidaknyamanan akibat benda kotor yang menempel dibagian mata sehingga dapat menjadikan mata bermasalah, Dari kotoran tersebut yang menyebabkan mata menjadi bintitian atau mata merah.

Untuk itu, sebelum masalah tersebut terjadi, ada baiknya jika kamu mengetahui akan penyebab-penyebab apa saja yang bisa menimbulkan mata bintitan pada mata. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan mata bintitan:
  • Terjadi infeksi pada akar/pangkal bulu mata akibat pencabutan bulu mata
  • Masuknya benda asing atau debu sehingga membuat mata menjadi infeksi
Nah, setelah mengetahui akan penyebab terjadinya mata bintitan, Kamu sebaiknya harus bisa lebih hati-hati terhadap 2 penyebab tersebut.


Gejala Sakit Mata Bintitan

Gejala yang sering ditemukan bagi penderita mata bintitan atau hordelolum adalah rasa yang sangat gatal Namun masih banyak lagi gejala lainnya yang biasa diderita oleh pasien yang sakit mata bintitan. Gejala lainnya yaitu
  • Awalnya mata mengalami benjolan pada bagian atas atau bawah di kelopak matanya
  • Benjolan akar berwarna merah
  • Terkadang pasien juga akan menampakkan bintik kecil dengan warna kuning atau putih
  • Terkadang kelopak mata juga mengalami pembengkakan
  • Mata juga akan terasa nyeri dan berair
  • Jika sudah parah mata bintitan akan pecah dan bernanah
Dengan mengetahui gejala tersebut tentunya kamu sudah bisa mengatasi terlebih dulu mata bintitan untuk tidak mengalami sakit yang sangat parah, Nah berikut akan diberikan beberapa cara alami dengan menggunakan obat herbal untuk mata bintitan kamu.


Cara Mengobati Mata Bintitan

1. Ketumbar


Salah satu obat mata bintitan alami lainnya yang bisa Anda gunakan adalah ketumbar. Biji ketumbar sangat baik untuk dijadikan obat mata bintitan dengan cara mengambil 2-4 sendok makan ketumbar kemudian direbus. Air hasil rebusan tersebut kemudian digunakan untuk mengkompres mata yang sakit bintitan.


2. Bawang Putih


Bawang putih dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki senyawa anti bakteri sehingga dapat mengusir mata bintitan. Caranya, ambil satu siung bawang putih kemudian haluskan dengan cara diblender, diparut, atau ditumbuk. Setelah itu, oleskan bawang putih yang sudah halus tersebut ke area mata yang terkena bintitan


3. Daun Jambu Biji


Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk sakit bintitan secara alami. Daun jambu biji memiliki anti bakteri dan anti-inflamsi yang mampu membunuh bakteri atau kotoran yang masuk ke mata. Cara menggunakannya, daun jambu biji ditumbuk lalu dibubuhkan pada kelopak mata yang sakit bintitan.


Cara Mencegah Mata Bintitan

Nah, jika mata bintitan kamu sudah sembuh setelah mengikuti resep-resep di atas, kini saatnnya kita mengulas cara pencegahannya. Berikut tips-tips yang akan mencegah agar mata bintitan tidak kembali lagi di masa mendatang.
  • Selalu ikuti pola hidup sehat seperti yang telah dijelaskan di artikel ini.
  • Jaga selalu kebersihan mata dan area sekitarnya
  • Jangan mengucek mata dengan tangan kotor.
  • Bersihkan sisa make up di sekitar mata secara sempurna.
  • Gunakan kacamata jika berada di lingkungan yang berdebu.


Itulah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala, serta obat mata bintitan alami. Ingat, jika mata bintitan kamu semakin parah, maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Mata Bintitan, Gejala Dan Penyebab"

Posting Komentar