Cara-Cara Mencegah Kanker Prostat


Kanker Prostat - Kalau kamu khawatir dengan kanker prostat mungkin kamu tertarik dengan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya Pada dasarnya, tidak ada cara yang pasti untuk mencegahnya. Banyak faktor risiko seperti usia, ras, dan riwayat keluarga tidak dapat dikendalikan. Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker prostat. Simak cara menghindari kanker prostat selengkapnya di bawah ini.


1. Rutin Olahraga Setiap Hari

Cara mencegah kanker prostat yang satu ini paling mudah dilakukan tapi sering dilupakan. Olahraga teratur dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Manfaat olahraga termasuk peningkatan massa otot dan metabolisme yang lebih baik. Olahraga yang bisa dicoba seperti berjalan, bersepeda, hingga berenang. Jika rasa bosan menyerang, variasikan olahraga dengan mengajak teman-teman untuk berpartisipasi. Olahraga cenderung mudah dilakukan jika didukung oleh sesuatu yang menyenangkan. Usahakan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan.


2. Konsumsi Buah Dan Sayur Setiap Hari

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang dianggap mencegah kanker prostat sejak dini, meskipun penelitian belum membuktikan bahwa nutrisi tertentu dapat mengurangi risiko. Manfaat makan lebih banyak buah dan sayuran juga cenderung membuat kamu menghindari makanan lain, seperti makanan berlemak tinggi. Pertimbangkan untuk konsumsi buah dan sayuran sebagai camilan, seperti wortel, brokoli, dan buncis yang direbus.


3. Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin E

Meski vitamin adalah sesuatu yang baik, namun sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat yang agresif. Menurut National Institute of Health, seseorang tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan jika sudah mendapatkan 15 mg vitamin E dalam sehari.

Nah, itulah beberapa cara mencegah kanker prostat yang wajib Anda tahu. Jika Anda ragu menerapkan cara menghindari kanker prostat seperti di atas, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang risiko yang bisa terjadi, tes skrining medis apa yang harus yang harus dilakukan, riwayat penyakit kanker keluarga, dan mempertimbangkan diet yang tepat.


4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas lebih rentan mengalami gangguan pada prostatnya. Tidak jelas mengapa kelebihan lemak dikaitkan dengan kanker, tetapi para peneliti berteori mungkin karena kadar hormon tertentu, misalnya insulin, estrogen dan androgen.

Oleh karena itu, pria disarankan untuk menjaga berat badannya sebagai salah satu cara mencegah kanker prostat. Lakukan pengukuran berat badan rutin untuk memantau kondisi tubuh. Salah satu cara mengukur berat badan ideal dengan mudah adalah dengan kalkulator indeks massa tubuh (BMI). Jika angka BMI menunjukkan angka 30 atau lebih tinggi, Anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat.

Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan melakukan diet yang tepat. Diet yang tepat ini bertujuan untuk membuat kebutuhan kalori harian seimbang atau defisit untuk mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Jika asupan kalori tidak diukur, kemungkinan terjadi penambahan lemak akan tinggi.


5. Membatasi Konsumsi Daging Dan Susu

Daging merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, mengonsumsi daging berlebihan justru menjadi pemicu kanker yang banyak dialami penderita di luar sana. Selain daging, susu juga termasuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh pria.


6. Rutin Ejakulasi

Penelitian terbaru membuktikan bahwa melakukan ejakulasi secara rutin justru dapat menurunkan risiko seorang pria terkena kanker prostat. Ejakulasi bisa mengurangi penumpukan sperma yang berakibat pada rusaknya sel sperma dan pembekuan sel sperma tersebut.


7. Mengkonsumsi Brokoli Dan Sayuran Kaya Antioksidan

Sayuran dan buah-buahan adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur dan buah diperkaya dengan kandungan antioksidan yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Satu di antara jenis sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi adalah brokoli. Untuk bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat, konsumsi brokoli secara rutin atau jenis sayuran kaya antioksidan lainnya.


8. Konsumsi Kopi

Apakah kamu peminum kopi , Jika iya maka resiko kanker prostat akan lebih kecil terjadi dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian mengkungkapkan konsumsi kopi 3 cangkir kopi dapat mengurangi resiko kanker prostat yang fatal. Namun, kafein dosis tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan utama, seperti detak jantung tidak teratur dan kejang. Beberapa pakar menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir sehari. Cafestol dan kahweol adalah senyawa kimia yang memiliki kemampuan melawan kanker.



Itu dia 8 cara mencegah kanker prostat yang wajib kamu ketahui, Kalau kamu ragu menerapkan cara menghindari kanker prostat seperti diatas, Konsultasi dengan dokter terlebih dulu tentang resiko yang bisa terjadi tes skrining medis apa yang harus yang harus dilakukan, riwayat penyakit kanker keluarga, dan mempertimbangkan diet yang tepat. Sudah itu jangan lupa ikuti terus rssehat untuk mendapatkan info lainnya yang lebih menarik lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Mencegah Kanker Prostat "

Posting Komentar