7 Cara Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah faktor penyebab kematian paling utama di berbagai negara termasuk Indonesia. Sebanyak 30 persen dari total kematian per tahunnya diakibatkan oleh penyakit jantung. Sementara, penyebab kematian terbanyak selanjutnya adalah stroke. Kalau ditilik lebih lanjut lagi, kedua penyakit tersebut disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang membawa aliran darah dan oksigen.

Faktor usia dan keturunan memang bisa menjadi sebab penyakit jantung. Namun, faktor kebiasaan pun dapat menyebabkan penyakit berbahaya ini. Oleh sebab itu, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan demi menjaga kesehatan jantung. Simak cara mencegah dan menghindari penyakit jantung berikut ini.


1. Batasi Minuman Alkohol

Cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Bagi wanita, batasi asupan alkohol tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Sementara bagi pria, batasi asupan alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari.


2. Hindari Stres

Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Cara mencegah penyakit jantung, kamu harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stressmu sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Cara mencegah penyakit jantung juga dapat dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres yang kamu alami.


3. Rajin Bergerak

Berolahraga setidaknya 30 menit sehari dapat mencegah terkena penyakit jantung. Aktif bergerak dan olahraga dapat menurunkan tekanan darah, menguatkan otot jantung dan mengontrol penumpukan lemak. Tapi buat kamu yang memiliki riwayat aritmia atau kelainan jantung bawaan, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter jantung.


4. Tidur Yang Cukup

Penyakit jantung juga dapat dicegah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Orang yang tidak cukup tidur memiliki risiko tekanan darah tinggi, obesitas, serangan jantung, depresi dan diabetes. Tidur cukup bisa membuat tubuh lelah sehingga tidak aktif bergerak. Sedangkan aktif bergerak merupakan salah satu cara mencegah serangan jantung. Tak cukup tidur juga bisa menyebabkan stres yang juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Usahakan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam demi mendapatkan tubuh yang bugar setiap hari.


5. Pilih Pola makanan Yang Sehat

Cara mencegah penyakit jantung ini adalah langkah paling dasar. Makanan yang kamu konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Sebagai bagian dari diet sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, gandum utuh yang kaya serat, ikan setidaknya dua kali seminggu, kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. Cara mencegah penyakit jantung usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging. Pilih produk olahan susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika kamu memilih untuk makan daging, pilihlah yang paling sedikit mengandung lemak.


6. Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Gigi

Cara mencegah serangan jantung yang satu ini mungkin tidak sepopuler yang lainnya, yakni menjaga kebersihan gigi. Faktanya, bakteri dari gusi yang meradang dapat memasuki aliran darah dan merusak pembuluh darah. Area gigi yang tidak dijaga kebersihannya juga dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika sudah terjadi pembekuan darah, besar kemungkinan akan berujung pada serangan jantung.


7. Pertahankan Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan cara mencegah penyakit jantung berikutnya. Kamu bisa menghitung apakah berat badanmu ideal atau tidak dengan menghitung Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh. Rumus BMI adalah berat (kg) dibagi tinggi^2 (m). Setelah itu, kamu bisa mencocokkan hasil perhitungan tersebut dengan klasifikasi di bawah ini..
  • Berat badan kurang : 18,5 ke bawah
  • Berat badan normal : 18,5 – 22,9
  • Berat badan berlebih : 23 – 29,9
  • Obesitas : 30 ke atas


Itulah 7 cara mencegah penyakit jantung yang bisa kamu coba agar terhindar dari gejala tersebut. Jangan lupa untuk ikuti terus Rssehat untuk mendapatkan info yang lebih menarik lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mencegah Penyakit Jantung"

Posting Komentar