5 Cara Mengobati Gejala Usus Buntu


Gejala Usus Buntu - Usus buntu atau yang memiliki nama istilah lain apendisitis merupakan kondisi usus mengalami pembengkakan, peradangan, dan dipenuhi nanah. Apendisitis atau usus buntu adalah organ berbentuk tabung. Organ ini panjangnya sekitar 10 cm dan berpangkal pada sekum (bagian usus besar). Ketika usus buntu ini tersumbat, maka usus akan meradang dan menyebabkan radang.

Apabila masalah ini tidak segera diatasi, maka penyumbatan akan terus berlanjut. Jaringan yang meradang dapat terinfeksi bakteri. Jaringan juga akan mati karena kekurangan suplai darah. Usus buntu ini sebenarnya adalah rumah terbaik bagi bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Tapi saat organ ini tersumbat, bakteri akan berkembang biak secara cepat yang menyebabkan masalah serius.

Usus buntu ini terjadi di bagian perut sebelah kanan bawah. Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit di perut kanan bawah. Namun, pada kebanyakan orang, rasa sakit mulai di sekitar pusar kemudian menjalar ke bagian perut lainnya. Ketika peradangan bertambah parah, fase nyeri usus buntu biasanya meningkat dan akhirnya menjadi parah. Siapapun dapat mengalami sakit usus buntu. Kendati demikian penyakit ini banyak terjadi pada orang berusia antara 10 hingga 30 tahun. Jangan khawatir berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati usus buntu yang bisa kamu coba


1. Ginseng


Khasiat ramuan alami ini dikenal karena kemampuannya untuk mengobati nyeri usus buntu secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah minum teh ginseng dua kali sehari sampai rasa sakit mereda.


2. Jus Wortel


Jus sayuran seperti jus wortel, mentimun, dan jus bit dapat bekerja luar biasa dalam mengobati rasa sakit usus buntu. Minum jus ini dua kali sehari untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit usus buntu. Kamu juga bisa menyiapkan minuman dengan menggabungkan lobak, ketumbar, dan jus bayam untuk menghilangkan rasa sakit secara alami.


3. Mint


Mint juga merupakan obat rumahan yang berguna untuk mengobati radang usus buntu. Ini membantu dalam mengobati gejala radang usus buntu seperti mual, muntah, dan gas. Kamu dapat menyiapkan teh mint dengan merebus beberapa daun mint dengan air, kemudian minumlah tiga kali sehari. Kalau tidak kamu juga bisa mengunyah daun mint langsung untuk menghilangkan rasa sakit usus buntu.


4. Minyak Almond


Minyak almond juga dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati radang usus buntu. Gunakan minyak ini untuk memijat perut dari bagian luar. Hangatkan minyak almond, kemudian jadikan minyak almond hangat sebagai kompres perut. Sembari mengompres, lakukan pijat secara menyeluruh di daerah yang terkena. Ulangi cara ini supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini juga mampu membantu mengurangi rasa sakit pada perut.


5. Fenugreek


Yang terakhir adalah Fenugreek yang merupakan buah dari tanaman herbal yang mempunyai rasa dan aroma seperti sirup maple. Fenugreek terkenal bermanfaat dalam mengobati radang usus buntu secara alami. Fenugreek mencegah pembentukan lendir dan nanah di dalam usus buntu, sehingga mencegah rasa sakit. Cara mengonsumsi fenugreek, rebus dua sendok makan biji fenugreek dengan satu liter air selama 30 menit. Kemudian saring dan minum dua kali sehari untuk mengobati penyakit usus buntu.

Itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk mengobati gejala usus buntu semoga bermanfaat buat kalian yang mempunyai gejala ini dan semoga lekas sembuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Gejala Usus Buntu"

Posting Komentar