5 Cara Menurunkan Kolestrol Secara Alami


Kolestrol dulu sering disebut penyakit orang tua namun berbeda dengan yang sekarang yang perbedaan nya dengan asupan makanan di masa sekarang, Bahkan anak muda pun bisa mengalami kolestrol. Kebanyakan makanan yang digoreng, cepat saji, minuman manis sehingga berkontribusi dalam peningkatatn kadar kolestrol jahat pada darah.

Banyaknya makanan yang digoreng, cepat saji, minuman manis yang lagi hits semuanya berkontribusi dalam peningkatan kadar kolesterol jahat pada darah. Maka dari itu, asupan makan dan pola hidup sehat harus benar-benar diperhatikan. Makanan memang penyumbang terbesar tingginya kadar kolesterol jahat, namun tak dapat dihindari kalau pola hidup yang kurang berkualitas juga bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

Kalau kamu sudah pernah cek darah dan ternyata hasilnya memiliki kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) yang tinggi, maka kamu harus melakukan beberapa perubahan dalam kehidupan sehari-hari kamu, Toppers. Jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol baik secara alami maupun dengan bantuan suplemen pembasmi kolesterol. Berikut adalah cara mengatasi kolestrol yang kadarnya sudah melampaui batas normal.


1. Hindari Makanan Lemak trans Dan Lemak Jenuh



Makanan yang paling utama yang harus dihindari adalah makana yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Lemak jenuh biasa ditemukan di jeroan, gorengan, makanan cepat saji dan daging olahan, Sementara lemak trans banyak ditemui pada margarin dan aneka kue yang seakan-akan semuanya makanan lezat tapi demi kesehatan jantung dan tubuh jangka panjang sebaiknya kamu pantang makan-makanan tersebut.

Karena lemak jenuh ini bisa menempel pada pembuluh darah yang lama kelamaan menumpuk menjadi plak. Tumpukan plak ini bisa menyumbat pembuluh darah pada jantung sehingga memicu penyakit jantung dan stroke.


2. Hindari Gula Tambahan



Masih dalam misi menjaga pola makan untuk yang punya kolesterol tinggi, penting bagi kesehatanmu juga untuk menghindari asupan gula tambahan. Batas maksimum asupan gula per hari yang disarankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh. Selain mengurangi makanan dan minuman manis, guna menjaga asupan gula per hari, kamu dapat imbangi dengan olahraga rutin, tidur yang cukup, dan tidak mudah stres. Sebagai gantinya, kamu bisa perbanyak makan buah-buahan yang merupakan sumber gula alami.


3. Olahraga


Selain pentingnya menjaga asupan pangan, olahraga rutin juga merupakan solusi dalam melawan lemak jahat. Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik dan melawan obesitas, tapi juga mengurangi lemak jahat LDL dan meningkatkan high density lipoprotein (HDL). Kamu enggak harus olahraga ekstrim kok, Toppers. Bisa dimulai dengan olahraga intensitas rendah seperti berjalan, walaupun dengan bertambahnya durasi dan intensitas, juga akan menghasilkan dampak yang lebih besar.


4. Kurangi Berat Badan


Diet dapat mengubah bagaimana tubuh menyerap dan memproduksi kolesterol. Dengan mengurangi berat badan, makan total kolesterol dalam tubuh otomatis berkurang juga. Karena dalam proses diet, produksi kolesterol di hati juga berkurang. Menjaga berat badan tetap ideal juga bisa berdampak positif bagi kesehatan jantung. Sebab sudah banyak kasus obesitas yang mengarah ke serangan.jantung.


5. Manfaatkan Suplemen Kolestrol


Cara yang terakhir adalah dengan penurunan kadar kolesterol juga dapat dibantu dengan konsumsi suplemen. Mungkin untuk Toppers yang kadar kolesterolnya sudah kelewat tinggi dan perlu pengurangan kadar kolesterol segera agar tidak memicu penyakit lebih berbahaya. Suplemen yang bisa kamu konsumsi antara lain minyak ikan. Ada pula suplemen serat larut yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kamu juga bisa manfaatkan suplemen yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat.

Nyatanya banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kamu bisa memulai dengan cara natural terlebih dahulu, lalu lihat hasilnya. Kalau tidak terlalu berdampak atau kamu menginginkan hasil yang lebih cepat, kamu juga bisa bantu dengan suplemen, tentunya perlu mengikuti aturan dokter atau pakarnya.

Jadi itulah 5 cara untuk menurunkan Kolestrol secara alami, Semoga artikel ini berguna buat kamu yang sedang mencari gejala tentang kolestrol. Jangan lupa ikuti terus Rssehat untuk mendapatkan info selanjutnya yang lebih menarik lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menurunkan Kolestrol Secara Alami"

Posting Komentar