5 Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami


Rssehat - Panu merupakan penyakit kulit yang cukup mengganggu penampilan. Penderita panu sendiri kerap dijumpai di negara beriklim tropis dan lembap, termasuk Indonesia. Penyakit kulit satu ini disebabkan oleh jamur, yang dikenal dengan Malassezia. Tanda-tanda munculnya panu sendiri adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tidak selalu putih, tapi bisa berwarna cokelat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita.

Mempunyai panu benar-benar tidak nyaman, dan rasa gatalnya juga cukup mengganggu saat beraktivitas. Saat kita berkeringat, maka panu akan terasa gatal. Panu memang tidak menular, namun jika tidak segera diatasi, bercak-bercak pada kulit itu akan melebar. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Tak hanya itu saja, penderita juga akan merasakan kulit bersisik dan benar-benar tidak nyaman.

Banyak yang bertanya, apa sih yang menyebabkan munculnya panu? Menurut beberapa sumber kesehatan, jamur yang bernama Malassezia lah yang menyebabkan terbentuknya panu. Jamur ini memang sudah ada di kulit manusia.

Namun jika pertumbuhan jamur ini tidak terkendali, dia bisa menyebabkan munculnya bercak-bercak pada tubuh penderita. Belum diketahui apa sebenarnya pemicu terjadinya pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Oleh karenanya disarankan untuk selalu membersihkan diri dan menjaga kesehatan kulit. Jika kamu mengalami munculnya panu di kulit, berikut ini cara mengatasinya dengan bahan alami.


1. Getah Daun Jarak


Getah daun jarak bisa menjadi yang cukup ampuh untuk menghilangkan panu. Caranya, gosokkan terlebih dulu daun jarak kepada sektor kulit yang terkena penyakit panu. Selanjutnya kamu oleskan getah daun jarak terhadap bidang kulit yang terkena penyakit panu tersebut.


2. Cuka Apel


Cuka apel juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan panu. Pasalnya di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan infeksi jamur di kulit. Cara menggunakannya Oleskan cuka apel pada area yang terinfeksi jamur. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan 3 kali sehari.


3. Belimbing


Belimbing tidak hanya enak, namun juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk menghilangkan panu. Kandungan vitamin C pada belimbing sangat ampuh membunuh bakteri penyebab panu. Cara menggunakannya Tumbuk buah belimbing hingga halus, Lalu campurkan bersama kapur sirih secukupnya, kemudian oleskan kepada sektor kulit yang terkena penyakit panu. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam sehari.


4. Bawang Putih


Bawang putih bisa menjadi salah satu cara kamu untuk menghilangkan panu. Pasalnya, kandungan bawang putih mempunyai senyawa anti-bakteri yang bisa membunuh seluruhnya tipe jamur dan kuman terutama pada kulit. Cara menggunakannya, Ambil 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi dua segi. Gosoklah segi dalam bawang putih itu pada ruangan panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih.

Diamkan sesaat, jika rasa perih sudah mulai reda, gosokkan kembali bawang putih ke kulit hingga kulit merah dan merasa perih. Lalu biarlah sebentar sampai bakteri jamur itu mati. Cara ini akan menghilangkan panu dalam satu hari selamanya.


5. Lengkuas


Lengkuas memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Di mana lengkuas mengandung sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat lengkuas adalah bisa menghilangkan panu. Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil lengkuas yang masih segar, potong-potong Lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali sehari.

Itulah 5 cara menghilangkan panu dengan obat alami, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya dan jangan lupa untuk ikuti terus Rssehat untuk mendapatkan info yang lebih menarik lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar